Pengelola Menara Telekomunikasi di Bone Wajib Bayar Retribusi Rp3,1 Jt – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pengelola Menara Telekomunikasi di Bone Wajib Bayar Retribusi Rp3,1 Jt

Pansus Empat Ranperda Kebut Pembahasan

PENULIS : ASKAR SYAM

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Panitia Khusus (Pansus) yang dibentuk DPRD Kabupaten Bone, membahas empat rancangan peraturan daerah (Ranperda), telah mengkaji secara detail pasal demi pasal yang tertuang di rancangan produk hukum yang nantinya akan disahkan menjadi peraturan daerah (Perda).

Beberapa poin krusial dihasilkan pansus dalam rapat tersebut, khususnya terkait penarikan retribusi yang tertuang di perubahan ketiga atas retribusi jasa usaha menara telekomunikasi.

Wakil Ketua Pansus, A Yusuf Akbar Amir menyebutkan, telah disepakati perubahan angka penarikan retribusi menara telekomunikasi, sebesar Rp3.100.000. Penetapan tersebut lanjut Yusuf, mengacu surat edaran Kementerian Keuangan, yang memberikan formulasi baru dalam hal penghitungan indeks pengenaan.

“Jadi, perda tentang jasa usaha umum ini, perubahannya hanya sebatas nilai penarikan saja, karena di perda induk sudah jelas aturan mainnya,” jelasnya.

Termasuk, ketika ada pengelola menara telekomunikasi yang enggan membayar pajak, pemerintah daerah lanjut dia akan mengambil sikap tegas.

Terpisah, Ketua Pansus, Rismono Sarlim menyebutkan, dari dua ranperda yang dibahas di pansusnya, dua diantaranya, masing-masing ranperda retribusi jasa umum dan penyelenggaraan administrasi kependudukan, sisa menunggu penetapan melalui mekanisme rapat paripurna.

“Sementara untuk dua ranperda lainnya, yakni penyelenggaraan kabupaten sehat dan penyandang disabilitas, ada beberapa pasal yang menunggu hasil evaluasi di Biro Hukum provinsi,” pungkasnya.

Termasuk lanjut Rismono, akan dikonsultasikan ke daerah yang sudah menerapkan perda kabupaten sehat dan disabilitas untuk mendapatkan data pembanding.

*

Click to comment
To Top