Pengusaha Wajib Baca Ini, Perpanjangan SIUP Dihapus – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pengusaha Wajib Baca Ini, Perpanjangan SIUP Dihapus

Asmi. salah seorang pengelola usaha aksesoris hanphone di Jl Ahmad Yani saat menunggu pembeli, beberapa waktu lalu. Para pengusaha kini bisa bernafas lega setelah pemerintah menghapus perpanjangan SIUP dan TDP.

WATAMPONE, RB–Kabar gembira bagi pengusaha, pemerintah telah menghapus kewajiban perpanjangan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Tak hanya SIUP, untuk aturan TDP juga dipermudah. Pelaku usaha cuma diminta mengisi satu lembar surat pemberitahuan, bisa secara online maupun manual. Penghapusan kewajiban pendaftaran ulang SIUP ini ditegaskan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita melalui surat edaran yang dikeluarkan, Selasa, 21 Februari lalu.

Enggar meminta seluruh wilayah di Indonesia sudah harus mengikuti aturan baru tersebut.
Kepala Bidang Perizinan dan Non Perizinan BP2T Kabupaten Bone, Veronika K Allo membenarkan kemudahan perpanjangan surat izin usaha melalui online tersebut. Hanya saja, kata Veronika program tersebut belum disosialisasikan ke publik karena baru saja diberlakukan.” Kami baru rencana sosialisasikan program ini pada bulan Maret nanti,” tutur Veronika saat ditemui RADAR BONE di ruang kerjanya, Rabu 22 Februari kemarin.
Lebih jauh Veronika mengungkapkan, kemudahan memperoleh izin tidak hanya terbatas pada SIUP dan TDP saja. Izin penelitian, kata dia bahkan sejak 2016 sudah diberlakukan sistem pendaftaran online. “Sehingga masyarakat yang mengurus surat izin penelitian nanti membawa berkasnya ke kantor saat pengambilan surat izin penelitian,” bebernya.

*ASKAR SYAM

To Top