Penunggak PDAM Didominasi PNS – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Penunggak PDAM Didominasi PNS

PENULIS : ADRI

WATAMPONE, RB–Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Wae Manurunge terus bergerak meminimalisir tunggakan pelanggan.  Pada 2015, jumlah tunggakan pelanggan PDAM sebesar Rp3,9 miliar. Namun, selama 2016, uang PDAM yang mengendap di pelanggan berkurang menjadi hanya Rp1,6 miliar. Ini menunjukkan kinerja positif PDAM di bawah kendali A Sofyan Galigo.

Direktur PDAM Bone, A Sofyan Galigo yang ditemui RADAR BONE, Jumat 3 Maret lalu menyebut penunggak rekening air, termasuk di dalamnya kalangan pegawai negeri sipil (PNS).  Dari data pelanggan yang menunggak tidak ada pejabat di dalamnya. Yang ada hanya PNS saja” jelasnya. Setidaknya dari 15 ribu pelanggan PDAM saat ini, 60 diantaranya dari kalangan PNS yang menunggak.

Tunggakan pelanggan PDAM sudah menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi pemimpin PDAM. Maklum, tunggakan ini terjadi sejak 1983 dan belum tuntas hingga kini. Meskipun saat ini tren piutang PDAM sudah menunjukkan penurunan yang cukup signifikan.

Kepala Bagian Langganan PDAM Bone, Firman menambahkan pelanggan yang menunggak selama dua bulan langsung diberi surat peringatan, diikuti pemutusan apabila tidak melakukan pelunasan secepatnya.

“Tindakan yang kami ambil saat ada tunggakan, yaitu memberikan surat peringatan.
Kemudian kalau tidak melunasi, kami mendatangi langsung untuk ditagih, namun kalau tidak dilunasi, baru kami lakukan pemutusan” ungkapnya.

To Top