Perbaikan Drainase di Bone Dianggarkan Rp1 Miliar – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Perbaikan Drainase di Bone Dianggarkan Rp1 Miliar

Drainase yang tersumbat tumpukan sampah di Jl Letjen Suprapto kawasan eks Pasar Sentral Watampone. Gambar direkam akhir April lalu.

PENULIS : BAHARUDDIN

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Pihak Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bone menegaskan perbaikan drainase tengah berjalan. Untuk perbaikan drainase ini, DPKPP menggelontorkan anggaran Rp1 miliar.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bone, H Syafruddin Usman yang ditemui RADAR BONE, Rabu 17 Mei kemarin, mengatakan dalam perbaikan drainase, pihaknya memprioritaskan pada drainase yang kerap meluap, termasuk di dalamnya membongkar trotoar di atasnya. “Sekarang perbaikan drainase sementara berjalan. Perbaikan drainase untuk dalam kota sebenarnya setiap tahun dan lokasinya terbatas. Ini dilakukan secara bertahap, karena tentu dalam menyelesaikan secara keselurahan membutuhkan dana besar,” tutur Syafruddin.

Pria yang tempo hari dikenal sebagai crosser handal ini menegaskan upaya perbaikan yang dilakukan pihaknya sudah menunjukkan perubahan yang signifikan. Dia mencontohkan, salah satunya perbaikan drainase di Jl Agussalim.

“Sampai saat ini sudah banyak perubahan, karena sudah ada beberapa lokasi biasanya langganan banjir, namun sekarang tidak terjadi lagi, seperti di Jl Agussalim sudah ada perubahan, karena dulunya air meluap ke tengah jalan.
Tapi selama ini tidak terjadi lagi,” bebernya.

Lanjut Syafruddin, meluapnya air ke jalan tak selalu disebabkan drainase yang rusak. Melainkan tersumbat sampah yang dibuang masyarakat.

“Kalaupun masih ada lokasi yang airnya tergenang itu bukan drainasenya yang rusak, tapi kurangnya kepatuhan masyarakat membuang sampah pada tempatnya, sehingga menumpuk di drainase, akhirnya terjadilah banjir pada saat hujan turun,” paparnya..

Selain itu, Lanjut Syafruddin keberadaan pipa milik PDAM dan pipa telekomunikasi yang berada di drainase, ikut memicu terjadinya banjir.

“Sebaiknya pipa tersebut dipindahkan ke tempat yang aman, supaya tidak mengakibatkan banjir pada saat hujan turun,” jelasnya.

Adapun drainase yang sedang diperbaikan, diantaranya di Jl Arif Rahman Hakim, Jl Anoa, Jl Ahmad Yani, Jl Jenderal Sudirman, Jl Dr Wahidin Sudirohusodo, Jl Besse Kajuara, Jl Veteran dan Jl Gatot Subroto.

To Top