Perkawinan Anak Capai 2.635 Kasus – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Perkawinan Anak Capai 2.635 Kasus

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE– Berdasarkan data Siatem Data Desa Kelurahan (SDDK) 2017, dari 266.378 jumlah anak di Kabupaten Bone, jumlah kasus perkawinan anak mencapai 2.635 kasus.

Parahnya lagi, dari lima kasus pernikahan anak hanya satu yang mengambil dispensasi pernikahan.

Hal ini dipaparkan dalam Rapat Koordinasi dengan Pemangku Kepentingan Untuk Pencegahan Perkawinan Anak, Program Berani
Peningkatan Pengetahuan dan Kemampuan Mengenai Kesehatan Reproduksi Remaja, Jumat 20 September pagi ini di Makassar Room Novena Hotel, Jl Jend Ahmad Yani Kelurahan Macanang Kecamatan Tanete Riattang.

Kegiatan yang digelar Unicef bekerjasama dengan Bappeda dan Lembaga Pemberdayaan Perempuan (LPP) Bone ini dibuka langsung Kepala Bappeda Bone, H Abu Bakar MSi.

“Perkawinan Anak memneri dampak negatif pada generasi penerus bangsa baik dari kesehatan reproduksi hingga kelanggengan rumah tangga,” terangnya.

Lembaga Tulodo yang melakukan survei menemukan bahwa penyebab terjadinya perkawinan anak karena faktor gender dan ekonomi sebagai penyebab utama.

“Faktor lainnya yakni anak bukan penentu utama pernikahan, pasif dalam keputusan pernikahan yang diambil nenek dn orangtua, kurang pengetahuan terhadap UU perkawinan terutama batas usia kawin, kurang keterlibatan ortu dalam kegiatan keagamaan, hingga pengaruj media sosial,” beber Mulyani Ratna Ningsih dari Tulodo.

Pihak Unicef, Amelia Tristiana pun mengimbau agar peserta Rakor dari kepala sekolah, Kemenag, OPD terkait bisa merumuskan solusi bersama guna melakukan pencegahan perkawinan anak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top