Perketat Pengawasan Pemilu, Panwascam Ulaweng Optimalkan Peran Masyarakat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Perketat Pengawasan Pemilu, Panwascam Ulaweng Optimalkan Peran Masyarakat

PENULIS : SUDRY

RADARBONE.CO.ID&ULAWENG–Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Ulaweng, menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, bertempat di Aula Pesantren Bina Insan Islam, di Desa Galung, Sabtu 25 November 2017.

Kapolsek beserta Danramil, turut terlibat dalam kegiatan itu. Termasuk tokoh masyarakat di sejumlah di desa di Ulaweng.

Ketua Panwascam Ulaweng, Ahwal mengatakan, kegiatan ink, merupakan bagian dari amanat UU dalam melakukan pengawasan. Yakni mengajak seluruh element masyarakat ikut serta melakukan pengawasan sehingga pelanggaran pemilu dapat diminimalisir.

“Kualitas pelaksanan pilkada sangat menentukan hasil dari Pilkada itu sendiri. Antisipasi dini pelanggaran pemilu yakni pelanggaran kode etik, administrasi dan pidana dan juga Kita sampaikan apa-apa yang dilarang dalam proses pelaksanaan pemilihan,” tegasnya.

Peran masyarakat dalam melakukan pengawasan tegas Ahwal, telah diatur dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 pasal 131.

Ahwal menegaskan, semakin banyak orang yang peduli dan paham terkait pengawasan, maka bisa diharapkan oknum yang ingin melanggar setidaknya semakin takut untuk melakukan pelanggaran.

“Jadi kita tekankan untuk tidak coba-coba melanggar aturan pemilu. Khususnya ASN, pejabat BUMN/BUMD, Kades dan perangkatnya begitu juga Lurah dan perangkatnya” kuncinya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top