Pertama Kali di Bone, SMAN 1 Bone Terapkan Ujian Semester Berbasis Android – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pertama Kali di Bone, SMAN 1 Bone Terapkan Ujian Semester Berbasis Android

RADARBONE CO.ID, WATAMPONE Pelaksanaan ujian semester di SMAN 1 Bone tak lagi berlangsung secara manual, melainkan sudah berlangsung secara online. Para peserta ujian tidak dihadapkan dengan komputer, namun dihadapkan dengan Hp Android.

Para siswa mengerjakan soal ujian melalui Hp Android yang dimilikinya.
Kepala SMAN 1 Bone Muhammad Idris SPd MSi mengatakan pertama Kali di Bone, SMAN 1 Bone Terapkan Penilaian Akhir Semester (PAS) Berbasis Android.
Salah satu yang melatar belakangi pihak sekolah yaitu agar siswa menjadi lebih maju dan lebih mengenal IT. Apalagi sekarang siswa mayoritas telah menggunakan Hp Android.

“Dan ini juga bagian dari bentuk efektifitas dan meningkatkan integritas siswa. Dan hasilnya langsung bisa dilihat, sehingga tingkat kecurangan pada saat ujian berlangsung dapat diminimalisir,” tandasnya.

Arahnya kedepan pengembangan dan pemanfaatan IT bisa diperluas. Bisa saja nantinya semua tugas tugas siswa bisa dikerjakan di rumah atau dimana saja. Karena dapat terkoneksi langsung guru mata pelajaran masing-masing.

“Jadi kedepan buku hanya sebagai literatul dan sumber belajar. Sementara prosesnya semua berbasis IT,” beber mantan Kepala SMAN 1 Dua Boccoe.
Sementara Koordinator PAS-BK SMAN 1 Bone Shabiel Zakaria SPd MPd mengatakan ini salah satu inisiatif kepala sekolah, dalam rangka penerapan IT evaluasi pembelajaran.

Dengan harapan meningkatkan integritas proses ujian melalui aplikasi ujian berbasis android.

“Jadi di sini siswa tidak lagi dihadapkan dengan ujian kertas. Melainkan mereka menggunakan geadget masing-masing,” ujarnya.
Meski ini baru uji coba, namun tidak mengalami kendala karena telah diawali dengan simulasi selama sepekan.

“Bagi siswa yang belum memiliki Hp Android dapat menggunakan Notebok atau Laptop. Tapi dari 200-an peserta ujian 98 persen sudah memiliki Hp Android,” ungkap Shabiel.

Kelebihannya di sini  kata guru Biologi SMAN 1 Bone pihak sekolah tidak lagi menerapkan sistem sesi atau pergantian karena setiap kelas dilengkapi dengan server.

“Sebanyak 14 kelas yang dipakai ujian, semua dilengkapi dengan server ditambah satu cadangan. Sehingga siswa masuk ujian secara bersamaan,” jelasnya.

“Tak hanya itu, kelebihannya di sini guru tidak lagi memeriksa hasil ujian siswa. Karena hasil pekerjaan siswa langsung muncul di komputer server,” tambahnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top