Peserta JKN-KIS Bebas Berobat Lintas Wilayah – Radar Bone

Radar Bone

Uncategorized

Peserta JKN-KIS Bebas Berobat Lintas Wilayah

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Watampone, Wakil Direktur RSUD Tenriawaru, Direktur RSU Dr Muh Yasin, Pimpinan Jasa Raharja dan perwakilan Dinkes melakukan salam komando sebagai bentuk komitmen melayani pemudik terkait layanan kesehatan .

Layanan Kesehatan Mudik Lebaran

PENULIS : USMAN SOMMENG

WATAMPONE, RB—Kabar menggembirakan bagi pemudik, BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).
Peserta JKN-KIS atau yang dulunya dikenal peserta BPJS Kesehatan ini, dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Mereka cukup membawa kartu JKN-KIS yang masih aktif.
“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dapat langsung mengunjungi IGD rumah sakit terdekat yang ditunjuk oleh Kantor Cabang,” kata Hery Zakariah, Kep ala BPJS Kesehatan Cabang Watampone dalam konferensi pers bertema ‘Mudik Nyaman Selama di Kampung Halaman Bersama BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Watampone, Rabu 29 Juni kemarin.
Turut hadir sebagai narasumber dalam konferensi pers tersebut, Wakil Direktur RSUD Tenriawaru dr Syahrir, Kepala RSU dr Muh Yasin, Patra, Kepala Jasa Raharja Cabang Watampone Amal dan perwakilan Dinas Kesehatan.
Lanjut Hery, kebijakan pemangkasan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak H-7 sampai dengan H-7 lebaran.
Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, sambung Hery, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat atau mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sementara. Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.
“Penting diketahui, bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang berstatus aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif.
Hery menegaskan selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik biaya dari peserta.
Sementara itu Wakil Direktur RSUD Tenriawaru, dr Syahrir menjamin selama libur lebaran, pelayanan kepada pasien akan berjalan seperti biasa. Diakui, tenaga dokter, termasuk dokter ahli tetap siaga.
“Pelayanan tetap berjalan se-perti biasa. Cuma rawat jalan dialihkan ke UGD. Dokter tetap standby tidak ada perubahan. Insya Allah, tidak ada kekosongan dokter ahli selama libur lebaran,” beber Syahrir seraya mengungkapkan, bahwa setiap bagian pelayanan di RSUD Tenriawaru, seperti interna, bedah, anak dan yang lain ditangani dua dokter ahli.
“Pada saat libur nanti ada yang standby salah satunya,” janjinya.
Hal senada disampaikan Kepala RSU, Dr Muh Yasin, Patra menegaskan, pihaknya sudah mengatur ship jaga.
“Kami sudah atur ship-nya. Tidak usah dipersulit pasien. Administrasi di belakang, yang penting layani dulu,” tegas Patra.
Terkait kesiapan dokter spe-sialis, Patra mengatakan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan dokter ahli untuk tetap standby. “Dokter ahli kami rata-rata dari RSUD, makanya sudah minta untuk tetap memback up,” tegas dia.
Sementara itu, pihak Dinkes Bone memastikan bahwa pelaya-nan di puskesmas tetap berjalan.
Kepala PT Jasa Raharja Cabang Bone, Amal menegaskan, pihaknya siap melayani santunan kecelakaan sepanjang mengikuti prosedur yang ada.
“Korban kecelakaan harus melapor ke instansi terkait, Mi-salnya di darat ke kantor polisi. Dan di laut ke Syahbandar, sehingga kami dapat melakukan penjaminan lebih awal,” tutur pria yang akhir Juni ini pindah tugas ke Jakarta.

To Top