Pilkada Dinilai Rawan Politik Uang – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pilkada Dinilai Rawan Politik Uang

Elektoral Dukungan dan Sumbangan Dana Kampanye Meningkat

PENULIS  : RISNAWATI

RADARBONE.CO.ID – WATAMPONE–Peningkatan elektoral dukungan Partai Politik (Parpol) dari sebelumnya 15 persen menjadi 20 persen, dinilai memperbesar peluang praktek politik uang di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).
Ditambah sumbangan dana kampanye dari perusahaan maupun individu, yang turut meningkat, dari sebelumnya dibatasi Rp4 miliar menjadi Rp7,5 miliar.

Pengamat politik, Ali Anas SSos MSi mengungkapkan, presentasi dukungan parpol yang meningkat, merupakan bentuk pengekangan terhadap partisipasi politik.

“Sementara kita mengharapkan pendidikan politik melalui parpol. Salah satu bentuknya adalah merekrut figur muda, untuk berpartai yang kelak akan menjadi The Next Leader,” ungkapnya kepada RADAR BONE, Minggu 2 April kemarin.

Belum lagi peningkatan sumbangan perusahaan atau individu dari sebelumnya Rp4 miliar menjadi Rp7,5 miliar. Ali Anas menilai, hal tersebut semakin memperbesar ruang kapitalisasi politik.

“Jadi kita akan semakin jauh dari cita-cita demokrasi. Ketika kapitalisasi politik terjadi, tentu akan semakin membuka ruang korupsi bagi penguasa yang tersandera oleh kepentingan partai,”
pungkasnya.

Terpisah, anggota KPU Bone, Ernida Mahmud SP MP yang dikonfirmasi RADAR BONE, Senin 3 April kemarin mengaku hanya menjalankan regulasi yang tertuang di Undang-undang Pilkada.

“Terkait dengan jumlah presentasi dukungan partai, itu sudah bunyi undang-undang pilkada. Regulasinya sudah seperti itu, kami (KPU,red) hanya pelaksana regulasi,” tutup komisioner KPU divisi teknis.

risnawatiinna@gmail.com

To Top