Pimpin Apel Siaga Bencana, Bupati: Kita Buka Posko Di Seluruh Kecamatan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pimpin Apel Siaga Bencana, Bupati: Kita Buka Posko Di Seluruh Kecamatan

RADARBONE.CO.ID–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone menggelar apel siaga bencana, Senin 13 Januari 2020. Apel siaga bencana dipimpin Bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi MSi.

Apel melibatkan lebih 800 personil yang terdiri dari BPBD Bone, Basarnas, Polres Bone, Korem 141 Toddoppuli, Kodim 1407 Bone, Yon C Pelopor, Tagana, Orari, Satpol PP, Damkar, RAPI, Komunitas Penyelam dan Pencinta alam, PMI, Rumah Sakit, Dinas PU, Dinas Sosial, Polair Bone.

Bupati menegaskan, perencanaan penanganan bencana harus tersusun dengan baik. “Seandainya terjadi bencana di wilayah kita hari ini maka kita semua sudah siap menghadapi,” kata Fahsar di depan ratusan personel.

Kata Fahsar, penanggulangan bencana tidak hanya tugas pemerintah, TNI – Polri dan SAR, namun semua pihak. “Kita semua harus menyadari bahwa tanggap bencana panggilan kemanusiaan dan menjadi tanggung jawab kita bersama selaku masyarakat Bone agar dilakukan tindakan
pencegahan yang tepat dan mengurangi tingkat resiko suatu bencana,” kata Fahsar.

Fahsar juga menegaskan, daerah yang paling rawan banjir adalah Bone Utara. “Yang jelas 24 jam, emergency center selalu siaga. Kita juga akan membuka posko di seluruh kantor camat dan kantor desa,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Bone, Dray Vibrianto menegaskan, pihaknya saat ini dalam status siaga bencana. “Olehnya itu, sengaja kita gelar simulasi bencana berupa evakuasi dan penanganan korban banjir oleh tim terpadu. Simulasi ini, bertujuan melatih kesigapan tim terpadu penanggulangan bencana. Karena, sebagaimana kita ketahui laporan BMKG menyebutkan adanya ancaman cuaca ekstrem sampai beberapa minggu ke depan,” tukasnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top