Polda Janji Usut Tuntas – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Polda Janji Usut Tuntas

Penanganan Proyek PLTS

PENULIS : HERMAN KURNIAWAN

RADARBONE.CO.ID – WATAMPONE–Desakan berbagai kalangan agar kasus proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) diusut tuntas ditanggapi pihak Polda Sulsel. Pihak Polda berjanji akan menangani kasus tersebut secara terbuka dan tuntas.

Hal ini ditegaskan Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani saat dikonfirmasi RADAR BONE, Jumat, 21 April lalu. “Hingga saat ini belum ada calon tersangka baru sebatas saksi. Kerugian negara juga belum ditemukan, tetap diproses dengan transparan sesuai mekanisme yang ada,” katanya.

Diakui Dicky kasus ini masih dalam tahap penyelidikan. Dia berjanji akan menyampaikan perkembangan penanganan kasus tersebut. Pengusutan proyek PLTS di daerah ini telah menyeret sejumlah pejabat untuk dimintai keterangan, diantaranya Mantan Kadis ESDM Bone, Ir Khalil Syihab yang kini menjabat Kadis PU, Mantan Kepala ULP Bone, Drs Muh As’ad dan beberapa anggota pokja ULP.

Proyek PLTS yang diusut Polda, yakni proyek PLTS yang dilaksanakan pada 2013, 2014 dan 2015.
Berdasarkan data yang dihimpun RADAR BONE, khusus penerima bantuan proyek PLTS tahun 2015 sebanyak 450 kepala keluarga (KK). Warga penerima bantuan tersebut tersebar di 14 desa dan sembilan kecamatan.

Di Kecamatan Cenrana misalnya, terdapat di Panyiwi (30 KK), Pallime (15 KK), Ajalasse (27 KK) dan Nagauleng (20 KK). Kemudian di Kecamatan Libureng tersebar di Desa Baringing (47 KK) dan Mattirobulu (40 KK). Pengalokasian di Kecamatan Ponre terdapat di Tellu Boccoe (50 KK) dan Mapesangka (25 KK). Disusul Desa Pationgi Kecamatan Patimpeng (30 KK), Desa Laleng Bata Kecamatan Lamuru (18 KK), Desa Lamoncong Kecamatan Bontocani (43 KK), Desa Walimpong Kecamatan Bengo (18 KK), Desa Pattiro Riolo Kecamatan Sibulue (12 KK).
Dan yang terbanyak mendapat jatah adalah Desa Pallawa Kecamatan Tellu Limpoe (75 KK).

*

Click to comment
To Top