Pompessi Gelar Napak Tilas Peradaban Besi Sulawesi 2016 – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pompessi Gelar Napak Tilas Peradaban Besi Sulawesi 2016

Andi Yuslim Patawari menemui Andi Muawiyah Ramly di kediamannya, Senin 26 September dalam rangka membicarakan rencana event Napak Tilas Peradaban Besi Sulawesi 2016.

CITISEN REPORTER

POMPESSI Luwu-Palopo yang merupakan komunitas pencinta benda-benda pusaka kembali menggelar Napak Tilas Peradaban Besi Sulawesi 2016. Event Napak Tilas Peradaban Besi Sulawesi pada 23-27 Desember 2016 merupakan gelaran yang kedua.

Sebelumnya, tahun lalu (2015), Pompessi juga menggelar Napak Tilas Peradaban Besi Sulawesi yang dipusatkan di Sorowako, Luwu Timur (Lutim). Kali ini, Napak Tilas Peradaban Besi Sulawesi 2016 akan dipusatkan di Kota Palopo.

Berbagai kegiatan bakal digelar dalam event Napak Tilas Peradaban Besi Sulawesi 2016 yang dilaksanakan di Istana Langkanae Kadatuan Luwu.

Salah seorang panitia pelaksana, A Yuslim Patawari mengatakan, berbagai rangkaian acara Napak Tilas Peradaban Besi Sulawesi 2016, yakni Ritual Mattompang, Kirab Pusaka, Pameran Benda Pusaka, Seminar Metalurgi, Ragam Pentas Seni dan Budaya, dan Demonstrasi Pesse-pese’ Panre Bassi.

“Napak Tilas Peradaban Besi Sulawesi 2016 ini dilatar belakangi temuan sejarah Sulawesi sebagai daerah yang memiliki sumber bijih besi yang bagus dan banyak. Dalam catatan sejarah, Pamor Luwu yang melegenda tertulis dalam  Kitab Nagara Kertagaa yang ditulis Empu Prapanca,” ungkapnya.

Catatan penelitian sejarah pun menuliskan jika pada zaman Kerajaan Majapahit, Kedatuan Luwu sudah melakukan kontak kerjasama perdagangan, khususnya bijih besi.

“Napak Tilas Peradaban Besi Sulawesi 2016 diharapkan sebagai momentum starting point tumbuhnya spirit kebersamaa di Sulawesi dengan stakeholder yang ada. Sehingga semua bersatu padu dalam menggerakkan lokomotif pembaharuan menarik gerbong warisan tradisi seni dan budaya, khususnya peradaban besi Sulawesi,” pungkasnya.

Event Napak Tilas Peradaban Besi Sulawesi 2016 ini didesain dengan konsep kegiatan nasional bertujuan untuk mengangkat kembali peradaban besi Sulawesi, khususnya Tana Luwu dengan menumbuhkan rasa cinta terhadap pusaka parewa bessi.

Dalam Napak Tilas Peradaban Besi Sulawesi 2016 ini juga juga untuk memperkenalkan karakteristik benda pusaka. Selain itu, Napak Tilas Peradaban Besi Sulawesi 2016 ini menjadi momentum mendorong berdirinya museum Peradaban Besi Sulawesi di Tana Luwu.

Panitia Napak Tilas Peradaban Besi Sulawesi 2016, bahkan sudah menemui salah satu tokoh Tana Luwu di Jakarta, Andi Muawiyah Ramly, yang merupakan komisaris Petro Kimia Greasik dan juga sekretaris Dewan Syura DPP PKB.

Andi Muawiyah Ramly menyampaikan dukungan acara yang dilaksanakan Pompessi berupa Napak Tilas Peradaban Besi Sulawesi 2016 untuk melestarikan adat sebagai kearifan lokal yang merupakan aset bangsa.

*

 

To Top