PPID Bone Pacu Transparansi Pelayanan Publik – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

PPID Bone Pacu Transparansi Pelayanan Publik

Kabid Informasi Publik Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kabupaten Bone, Andi Makkasauran SSos MSi sedang memantau dan membenahi konten website PPID Bone

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Perkembangan teknologi informasi harus dimanfaatkan secara maksimal aparatur pemerintahan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Apalagi dengan adanya UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, membuat abdi masyarakat pun harus memanfaatkan kemajuan teknologi informasi ini untuk transparansi dalam pelaksnaan tugas sehingga memudahkan masyarakat mengontrol atau memberikan respon.

Mengetahui hal itu, maka Kabid Informasi Publik Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kabupaten Bone, Andi Makkasauran SSos MSi sengaja menyusun proyek perubahan berjudul ‘Pelibatan Stakeholder Dalam Membangun Jaringan Sistem Informasi Publik’ dalam Diklatpim III Angkatan XVII yang diikutinya betsama 39 peserta lain di PKP2A II LAN RI Makassar.

“Kunci dari inovasi kami ini yakni dengan membuat website PPID Bone sehingga semua dokumen publik dan kegiatan pemerintahan wilayah Kabupaten Bone bisa diinput ke dalamnya,” terang pria yang terkenal ramah ini.

PPID adalah kepanjangan dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, di mana PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Dengan keberadaan PPID maka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit karena dilayani lewat satu pintu.

Dengan demikian, maka aparat sipil negara (ASN) lingkup Pemkab Bone maupun eksternal hingga masyarakat umum, sangat mudah mendapatkan infirmasi dan dokumentasi yang dibutuhkan.

“Tinggal melakukan koneksi internal melalui ponsel maupun komputer, bisa langsung membuka PPID Bone dan mendapatkan data yang dibutuhkan,” terang mantan pegawai Dishub Bone ini.

Tentu saja untuk melengkapi konten dan rubrik yang ada dalam website tersebut, pihak Kominfo Bone melakukan koordinasi yang intens dengan para pengurus PPID serta semua SKPD.

“Kami selalu imbau kepada setiap SKPD untuk mengupload setiap kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk sosialisasi, transparansi dan pastinya memudahkan masyarakat mendapatkan informasi yang akurat bukan hoax,” imbuhnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top