Program TMMD Bawa Kesejahteraan Bagi Masyarakat Desa Lallatang – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Program TMMD Bawa Kesejahteraan Bagi Masyarakat Desa Lallatang

LAPORAN: AGUSTAPA

-Rintisan Jalan Jadi Penghubung Tiga Desa

RADARBONE.CO.ID, WATAMPONE–Kabupaten Bone merupakan salah satu kabupaten/kota yang menjadi sasaran program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tahun 2019. Kali ini, setidaknya ada tiga desa yang menjadi lokasi TMMD Wilayah Kodim 1407/Bone yakni Desa Lallatang dan Desa Panyili Kecamatan Dua Boccoe serta Desa Laponrong Kecamatan Amali.

Melalui program TMMD yang ke-104 ini, tidak hanya meningkatkan semangat kegotong royongan, melainkan juga membawa kesejahteraan bagi masyarakat Desa Lallatang Kecamatan Dua Boccoe. Betapa tidak, akses jalan menuju Desa Lallatang ke Desa Laponrong Kecamatan Amali yang selama ini tak bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat kini sudah dinikmati oleh masyarakat melalui program rintisan jalan yang dicanangkan dalam kegiatan TMMD. Berkat dari rintisan jalan ini, tiga desa dan dua kecamatan dapat terhubung yakni Desa Lallatang, Desa Panyili Kecamatan Dua Boccoe dan Desa Laponrong Kecamatan Amali.

Dansatgas TMMD Ke-104 Letkol Inf Mustamin SE mengatakan untuk menentukan lokasi TMMD tetap mengacu pada usulan dari bawah yang diperoleh melalui kegiatan Musyawarah Rencanan Pembangunan (Musrenbang) dengan memperhatikan skala prioritas. “Ternyata dari berbagai usulan, Desa Lallatang yang terpilih sebagai usulan skala prioritas, karena usulan rintisan jalan yang menjadi harapannya dapat menghubungan tiga desa dan dua kecamatan dalam rangka memperpendek arah tujuan,” ujar Dandim 1407/Bone ini.

Dalam program TMMD ke-104 ini, ada dua jenis sasaran kegiatan yang dilakukan. Sasaran fisik meliputi penimbunan jalan di Desa Laponrong Kecamatan Amali, Desa Panyili dan Desa Lallatang Kecamatan Dua Boccoe sepanjang 2.000 meter, pembuatan talud sepanjang 4.000 meter di Desa Lallatang, pembuatan duicker di Desa Panyili sebanyak 4 buah, dan pembuatan jembatan di Desa Lallatang sebanyak 1 buah. Sementara sasaran non fisik terdapat 12 kegiatan salah satunya penyuluhan bela negara dan penyuluhan wawasan kebangsaan, sosialisasi pelayanan kesehatan, sosialisasi pertanian dan lain-lainnya.

Kepala Desa Lallatang H Hasmunir SAg mengaku bersyukur desa yang dipimpinnya menjadi sasaran TMMD. Berkat program ini, tak sedikit manfaat yang dirasakan oleh masyarakat setempat. Terutama rintisan jalan yang dibangun TNI yang menghubungkan tiga desa dua kecamatan yang notabenenya dapat mendongkrak pendapatan masyarakat baik dibidang pertanian maupun peternakan. “Selaku pemerintah desa kami ucapkan terima kasih,” tuturnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top