PU Kerahkan UPTD Pantau Kondisi Jalan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

PU Kerahkan UPTD Pantau Kondisi Jalan

RADARBONE. CO. ID–Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas PU dan Penataan Ruang mulai memberikan perhatian lebih terhadap pemeliharaan jalan.

Sembilan UPTD yang membidangi pemeliharaan jalan telah dikerahkan untuk memantau seluruh jalan rusak di daerah ini.

Diketahui, Dinas PUPR memiliki 10 UPTD. Sembilan diantaranya adalah UPTD pemeliharaan jalan. Satu UPTD lainnya adalah pemeliharaan lampu jalan.

Kadis PUPR Kabupaten Bone, Ir Khalil Syihab MT mengatakan pengecekan jalan rusak ini untuk menjadi acuan dalam menghitung anggaran yang dibutuhkan dalam melakukan pemeliharaan jalan.

“Setiap UPTD masing-masing menangani tiga kecamatan,” kata Khalil.
Khalil berharap tiga bulan ke depan, data hasil pengecekan lapangan itu sudah bisa terkumpul.

“Sehingga kita bisa menghitung berapa dana yang dibutuhkan di perubahan APBD nanti. Kita akan mulai di perubahan,” tegas Khalil.

Sesungguhnya survei lapangan bukan kali ini dilakukan pihak Dinas PUPR Kabupaten Bone.

“Pada 2017, kami melakukan survei. Nah, untuk memelihara jalan berdasarkan hasil survei kala itu dibutuhkan dana Rp46 miliar. Sementara anggaran pemeliharaan yang dikasi ke kita hanya rata-rata maksimal Rp2 miliar. Tahun ini cuma Rp1,5 miliar, sehingga tidak bisa menjangkau semua,” tandasnya.

Diakui Khalil, di periode pertama kepemimpinan Tafa’dal, pihaknya memprioritaskan pembangunan jalan dengan menyesuaikan RPJMD. Makanya, mulai tahun ini, kata Khalil pihaknya akan fokus pada pemeliharaan jalan tanpa mengabaikan pembangunan di daerah pinggiran.

“Pada 2017, RPJMD diubah dengan menitikkan beratkan pembangunan jalan. Makanya kami mencapai 393 km dalam lima tahun. Untuk tahun ini, mulai perubahan nanti kita akan sandingkan kondisi dengan penanganan. Ini sejalan dengan program bupati untuk menata perkotaan dan membangun pinggiran,” kunci Khalil.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top