PUAP di Bone Macet Hingga Rp2,6 Miliar – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

PUAP di Bone Macet Hingga Rp2,6 Miliar

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Kucuran bantuan dana Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) di daerah ini bermasalah. Kementerian Pertanian RI telah menurunkan tim melakukan pemeriksaan terhadap Gapoktan pe-nerima dana pada 2017 lalu.

Diketahui, Kementan melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone menyalurkan dana PUAP sebesar Rp22,5 miliar di Kabupaten Bone. Bantuan ini disalurkan kepada 225 gabungan kelompok tani (Gapoktan) sejak 2008 hingga 2015. Setiap gapoktan menerima bantuan dana sebesar Rp100 juta.

Dana tersebut digulirkan kepada warga untuk pengembangan usaha agribisnis yang dikembalikan secara bertahap kepada pe-ngelola. Sayangnya, dana ini sebagian mengendap.Terbukti, dari hasil audit BPK RI pada 2017 lalu, ditemukan dana PUAP macetmencapai Rp2.607.162.000.

Atas temuan BPK tersebut, Kementan menerjunkan tim beranggotakan lima orang untuk memeriksa gapoktan pengelola dana. Pemeriksaan gapoktan dipusatkan di kantor Distan TPHP Kabupaten Bone, Kamis, 27 Juli 2017.“Kami ada lima orang tim dari Kementerian Pertanian RI untuk melakukan monitoring dan evaluasi dana PUAP selama dua hari,” kata Ika, salah satu anggota tim di sela pemeriksaan.

Berdasarkan Daftar Rincian Tunggakan Macet Program PUAP di Kabupaten Bone, terungkap dana macet yang dikelola gapoktan mencapai Rp2.607.162.000. Dana macet ini terdapat pada 57 gapoktan. Besar tunggakan mulai Rp13 juta hingga Rp100 juta. Dalam laporan itu disebutkan, tunggakan terjadi lantaran kurangnya kesadaran membayar oleh peminjam, gagal panen, pindah domisili hingga pengurus gapoktan meng-undurkan diri.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top