Pupuk Langka, Petani Menjerit. Komisi II Cium Aroma Tak Beres Di Distributor – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pupuk Langka, Petani Menjerit. Komisi II Cium Aroma Tak Beres Di Distributor

A.Muh.Idris Alang, Ketua Komisi II DPRD Bone

RADARBONE.CO.ID–Kelangkaan pupuk di Kabupaten Bone semakin tak terkendali. Petani yang membutuhkan pupuk untuk lahan pertaniannya menjerit.

Ketua Komisi II DPRD Bone, A Muh Idris Alang menilai ada yang tidak beres dibalik kelangkaan pupuk. Kecurigaan politisi Partai Golkar itu beralasan, mengingat kuota pupuk yang disalurkan ke Bone sangat cukup untuk kebutuhan petani.

“Tahun ini saja ada tambahan kuota sekira 10 ribu ton. Total kuota pupuk di Bone itu 92 ribu ton. Jadi sangat tidak wajar kalau pupuk di Bone langka,” ungkap politisi Partai Golkar itu kepada radarbone.co.id, Sabtu 18 Mei tadi .

Idris Alang mencurigai adai permainan ditingkat distributor. Apalagi setelah pihaknya menemui langsung sejumlah pengecer yang mengaku belum mendapat pasokan pupuk dari distributor.

“Jadi masalahnya ini ada distributor. Bisa saja mereka tidak punya modal untuk menebus pupuk. Yang parah itu kalau pupuk dijual ke daerah lain,” ujarnya.

Olehnya itu, Ia mendesak pemda untuk mengambil sikap tegas. “Kalau memang ada distributor yang bermain, cabut izinnya karena menyusahkan saja petani. Pemda sudah maksimal dalam mengantisipasi kelangkaan pupuk. Termasuk menyiapkan cadangan Rp10 miliar di APBD 2019, jika sewaktu-waktu terjadi kelangkaan pupuk karena kuota yang tak cukup. Tapi ini kuota menurut saya sangat cukup, karena adanya permainan sehingga menyebabkan pupuk langka,” tegasnya.

Ia juga menegaskan, akan menggelar rapat maraton usai lebaran dengan memanggil distributor dan pengecer untuk memastikan dimana akar masalahnya sehingga petani tetap kesulitan mendapatkan pupuk.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top