Puskesmas Kampala Fungsikan Telemedicine – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Puskesmas Kampala Fungsikan Telemedicine

Peresmian pemanfaatan Telemedicine di Sulawesi Selatan. Peresmian atau launching ini bertempat di Puskesmas Kampala

PENULIS : LUKMAN SARDY

SINJAI, RB–Puskesmas Kampala, Kecamatan Sinjai Timur ditunjuk menjadi tempat peresmian pemanfaatan Telemedicine di Sulawesi Selatan. Peresmian atau launching ini bertempat di Puskesmas Kampala, Selasa 14 Februari kemarin.

Telemedicine adalah pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak-jauh. Aplikasi telemedicine saat ini, menggunakan teknologi satelit untuk menyiarkan konsultasi antara fasilitas-fasilitas kesehatan dengan memakai peralatan video conference.

Petugas Telemedicine Puskesmas Kampala, dr Akram Kastiran mengatakan, launching dipusatkan di Puskesmas Kampala dilakukan setelah pihaknya mendapatkan telepon dari tim pusat telemedicine, yang menetapkan Puskesmas Kampala sebagai tempat launching untuk Sulawesi Selatan.
Akram yang juga dokter umum di Puskesmas Kampala mengaku siap melayani masyarakat yang membutuhkan jasanya.

Kesiapan tersebut dibuktikan dengan pelatihan yang telah diikutinya di Jakarta.
“Saya telah mengikuti pelatihan di Jakarta bersama satu staf,” kata dr Akram.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, A Suryanto Asapa mendukung penuh program tersebut. Hadirnya telemedicine kata dia, dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Program Telemedicine di Sulawesi Selatan merupakan program dari Kementerian Kesehatan RI yang dikerjasamakan dengan Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar,” ujar mantan dirut RSUD Sinjai itu menerangkan.

*ASKAR SYAM

To Top