Ranperbup Perangkat Daerah Digodok – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ranperbup Perangkat Daerah Digodok

Ilustrasi

Penyusunan KUA PPAS 2017

PENULIS : ROSDIANA SULJA

WATAMPONE, RB—Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2018 yang memuat Revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Panjang Pembangunan Daerah (RPJPD) Kabupaten Bone telah ditetapkan sejak Rabu 19 Oktober lalu di Gedung DPRD dalam rapat paripurna.

Sesuai regulasi yang ada, maka sebulan kemudian Rencana Strategis (Renstra) setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus ditetapkan. Selanjutnya sepekan kemudian renstras harus disahkan.
Upaya untuk merampungkan Renstra setiap SKPD, Bidang Perencanaan dan Penganggaran Publik Bappeda dan Statistik Bone menggelar Rapat Koordinasi di Aula Bappeda, Rabu 27 Oktober lalu dengan meng-undang Bagian perencana dari setiap SKPD.

“Kami harapkan semua bagian perencana SKPD segera merampungkan Renstra dan RPJMD dan final paling lambat Jumat 4 November mendatang,” terang Muh Zuhdi SSTP MSi, Kabid Perencanaan dan Penganggaran Publik Bappeda dan Statistik Bone.
Dia menegaskan, susunan RPJMD dan Renstra harus mengacu pada lembaga organisasi baru daerah yang telah ditetapkan.

“Masalahnya adalah belum ada pimpinan dari lembaga orga-nisasi baru yang telah ditetapkan sehingga penyusunan Resntra dan RPJMD pun akan terkendala karena belum ada penanggungjawab di SKPD tersebut sebagai pejabat depenitif,” katanya.

Zuhdi pun mengaku pihak-nya berkonsentrasi memberikan pembinaan pada enam SKPD baru, yakni Dinas PU dan Penataan Ruang, Dinas Sumber Daya Air, Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan serta Dinas Kominikasi Informatika dan Persandian.

“Enam SKPD ini merupakan lembaga baru sehingga penyusunan renstranya tentu lebih rumit karena harus dirancang dari awal tidak seperti SKPD lain yang telah memiliki dasar dan pengalaman sebelumnya,” terangnya.

Menindaklanjuti Perda ter-sbut maka Bagian Organisasi Setda Bone sengaja mengundang pihak Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk menggodok Rancangan Peraturan Bupati yang memuat uraian tugas dan fungsi dari setiap departemen setiap SKPD.
“Turunan dari Perda adalah Perbub dalam hal ini memuat tupoksi dari masing-masing bagian yang harus terbagi habis dalam setiap SKPD,” kata Imam, pemateri dari LAN.

Kepada peserta rapat, pihak LAN juga menegaskan setiap SKPD tetap akan mendapatkan pendampingan dari fasilitator teknis dari Kementerian terkait misalnya saja dalam pemberian nomenklatur setiap seksi, bagian atau bidang yang cenderung seragam.
“Kami harapkan Perbub ini bisa segera rampung sehingga Renstra dan RPJMD dari SKPD bisa dirampungkan segera sebagai dasar penyususan KUA PPAS 2017,” imbuh A Amran, Kabag Organisasi Setda Bone.

*ASKAR SYAM

To Top