RAPBD-P Dibahas, Ini Pernyataan Wakil Bupati – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

RAPBD-P Dibahas, Ini Pernyataan Wakil Bupati

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone, kembali menggelar rapat paripurna jawaban bupati atas pandangan umum fraksi, Kamis 28 September 2017.
Melalui rapat paripurna, Wakil Bupati Bone, Drs H Ambo Dalle MM menjabarkan secara kongkret berbagai pertanyaan fraksi atas perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah Tahun 2017.

Fraksi PNBK misalnya, yang menyoroti adanya penurunan angka rencana penerimaan retribusi daerah dari Rp14.755.621.000 pada anggaran pokok, menjadi Rp11.991.944.000 pada anggaran perubahan.

Ambo Dalle menegaskan, penurunan angka rencana penerimaan retribusi daerah, disebabkan adanya kebijakan pemerintah pusat, terkait pelayanan kesehatan, melalui kapitasi jaminan kesehatan nasional, sehingga berpengaruh pada rencana penerimaan (Retribusi pelayanan kesehatan).

Sementara Fraksi Golkar, menyarankan pemerintah daerah, agar menempuh langkah kongkrit sebagai solusi dalam upaya peningkatan penerimaan pajak dan retribusi daerah.

Wakil bupati menjelaskan, landasan hukum yang menjadi acuan pemungutan pajak dan retribusi daerah, adalah undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak dan retribusi daerah, yang bersifat tertutup.
“Artinya, pemerintah daerah, tidak boleh menambah jenis pajak dan retribusi daerah, selain yang diatur dalam undang-undang tersebut,” jelasnya.

*

Click to comment
To Top