Regulasi Memberatkan, Pemda Pasrah – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Regulasi Memberatkan, Pemda Pasrah

Andi Hasanuddin

Dana Pilkada Bone Meningkat

PENULIS : RISNAWATI

RADARBONE.CO.ID – WATAMPONE–Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang, dipastikan bakal menyedot anggaran yang tidak sedikit dibandingkan pilkada yang lalu. Hal itu tidak lepas dari perubahan regulasi, khususnya yang menyangkut pelaksanaan tahapan pilkada. Mengacu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), salah satu poin krusial di regulasi tersebut menyangkut pemasangan baliho.

Tim pasangan calon bupati wakil bupati dibatasi memajang lima lembar dan dipasang langsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Aturan tersebut berimbas meningkatnya anggaran pilkada. Di pilkada sebelumnya, KPU hanya menghabiskan anggaran tak kurang dari Rp20 miliar untuk pelaksanaan tahapan hingga pasca pilkada. Sedangkan di pilkada 2018 mendatang, KPU mengusulkan anggaran total Rp74 miliar.

Kepala bidang (Kabid) anggaran Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bone, Andi Hasanuddin mengakui dana dipilkada mendatang ini sangat memberatkan.

“Memang peningkatannya sangat tinggi dibanding dengan pilkada yang lalu,” ujarnya.
Selain pengadaan baliho, peningkatan anggaran di pilkada lanjut Hasanuddin, lebih disebabkan meningkatnya honorarium penyelenggara pemilu.

“Namun karena ini regulasi dan memang segitu kebutuhan KPU, mau tidak mau, kita akomodir usulan tersebut. Namun untuk besarannya nanti kita lihat. Sekarang sudah disilpakan anggaran Rp30 miliar untuk mengakomodir kebutuhan anggaran penyelenggara pemilu,” terangnya.

Sebelumnya, komisioner KPU, Hj Ernida Mahmud menuturkan, anggaran yang diusulkan sebesar Rp74 miliar, sudah dikalkulasi sebelumnya. “Kami sudah mengajukan anggaran pilkada mendatang, tinggal tunggu saja hasilnya dari pemkab,” imbuhnya.

Click to comment
To Top