Rekayasa Lalu Lintas di Jl Ahmad Yani, Terobosan Positif Antisipasi Kemacetan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Rekayasa Lalu Lintas di Jl Ahmad Yani, Terobosan Positif Antisipasi Kemacetan

Penerapan jalur khusus untuk pengendara motor belum sepenuhnya tersosialisasi dengan baik. Masih ada pengendara motor yang melaju di luar jalur.. Gambar direkam, Selasa, 22 Januari kemarin.

RADARBONE.CO.ID–Kemacetan yang selama ini terjadi di sepanjang Jl Ahmad Yani mulai terurai. Ini setelah Dinas Perhubungan bekerjasama Satuan Lalu Lintas Polres Bone membuka jalur khusus untuk roda dua.

Mulai Senin, 21 Januari lalu, jalur khusus bagi pengendara roda dua mulai dibuka di Jl Ahmad Yani. Jalur ini dimulai dari traffic light depan Kantor Dinas Kesehatan, hingga ke traffic light berikutnya di perempatan Jl Ahmad Yani-Jl Gunung Jaya Wijaya. Petugas Dishub pun diturunkan untuk menuntun pengguna jalan, khususnya pengendara motor agar melewati jalur yang ditentukan.

Kepala Seksi Sarana Prasarana dan Lalu lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Bone, H Nashar mengatakan rekayasa lalu lintas ini dilaksanakan untuk mengurai kemacetan, sekaligus menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Ini masih tahap sosialisasi kepada pengendara. Program ini baru diterapkan. Kita berharap semua pengguna jalan memahami aturan baru ini. Kami dari Dishub bersama Satlantas turun langsung ke lapangan memberikan pemahaman kepada pengendara. Ketika ada yang melanggar, mereka masih diberikan kebijakan. Kecuali jika sudah berjalan hingga satu bulan lebih lalu masih ada yang sengaja melanggar. Maka pihak yang berwenang akan memberikan tindakan,” jelas Nashar.

Salah seorang pengendara motor, Ida menyambut positif pengaturan jalur di Jl Ahmad Yani. Ia berharap hal serupa diterapkan di sepanjang Jl Ahmad Yani untuk mengurai kemacetan yang selama ini terjadi.

“Kami merasa aman melewati jalur itu, karena kita tidak khawatir lagi akan kendaraan roda empat dari belakang. Andaikan bisa di sepanjang Jl Ahmad Yani diterapkan pembagian jalur seperti itu. Termasuk di jalan-jalan lainnya. Kami merasa senang jalur yang dibuat petugas lalu lintas itu. Semoga jalur ini bisa berkelanjutan, jangan hanya awalnya saja diperhatikan. Karena jalur seperti ini pernah dulu diterapkan beberapa tahun yang lalu. Namun tidak bertahan lama dihentikan,” jelasnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top