Resmikan Kampus II Polbangtan di Mappesangka, Mentan Gugah Millenial Jadi Penyuluh Handal – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Resmikan Kampus II Polbangtan di Mappesangka, Mentan Gugah Millenial Jadi Penyuluh Handal

RADARBONE.CO.ID, WATAMPONE–Kementerian Pertanian terus melakukan gerakan penumbuhan generasi muda miLlenial di bidang pertanian yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan informasi.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan memperkuat pendidikan dan pelatihan vokasi untuk melahirkan sumber daya manusia terampil yang siap memasuki dunia kerja, Menteri Pertanian
membangun Kampus II Politeknik Negeri Pembangunan Pertanian (Polbangtan)  Gowa bertempat di tanah kelahirannya di Dusun Bakunge Desa Mappesangka Kecamatan Ponre Kabupaten Bone.

Bahkan kampus II Polbangtan Gowa ini telah diresmikan, Senin, 08 April 2019 yang disaksikan langsung oleh Bupati Bone Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi, Bupati Soppeng H Kaswadi Razak, Wakil Bupati Bone Drs H Ambo Dalle MM, Wakil Bupati Wajo dan Sidrap, Danrem 141/Tp dan masyarakat setempat.

“Terobosan perubahan STPP (Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian) menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian telah berhasil meningkatkan pendaftar di tahun 2018 sebesar 1.238% jika dibandingkan tahun 2013. Pengembangan pertanian modern berbasis teknologi melalui mekanisasi dan digitalisasi juga akan menjadikan pendidikan pertanian semakin menarik bagi generasi muda,” ungkap Mentan RI Dr Ir H Andi Amran Sulaiman MP.

Polbangtan sebagai pendidikan tinggi vokasi disebut Amran memiliki peran strategis dan berada di garda terdepan dalam mendidik generasi milenial menjadi tenaga-tenaga terampil, professional, dan berdaya kompetitif tinggi yang akan meningkatkan daya saing bangsa. Amran bahkan menyebutkan bahwa sudah ada dua menteri yang merupakan lulusan dari STPP sebagai embrio Polbangtan. Tercatat, Menteri Negara Pangan dan Hortikultura Republik Indonesia 1998 – 1999 A.M Saefuddin serta Menteri Pendidikan Dasar
dan Kebudayaan Indonesia 1966 Syarif Tayeb merupakan lulusan STPP. Tak hanya dua nama tersebut, Amran turut menyebutkan bahwa bekas Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Andi Hakim Nasution juga merupakan alumni STPP. “Kami yakin Polbangtan bisa cetak petani milenial. Mari kita jaga kampus ini sebagai pencetak generasi pertanian modern dan milenial,” seru Amran.

Direktur Polbangtan Gowa Dr Ir Syaifuddin MP mengatakan kampus ini dibangun karena melihat perkembangan pendaftar yang ingin masuk di Kampus Peternakan ini semakin besar. Rata-rata peminatnya berasal dari Bone, Sinjai dan Wajo, sehingga diputuskanlah untuk membangun kampus II ini di Bone.

“Kampus II ini luasnya 10 hektar, anggaran pembebasan lahannya Rp2,3 miliar. Diatas lahan telah dibanguni 12 fasilitas ruang kuliah bersama, kandang ayam close house sudah bertarap internasional, dan pakannya dibeli secara otomatis. Bahkan sudah ada ayamnya 20 ribu ekor. Termasuk juga sudah ada kandang sapi, resepo air dan biayanya untuk tahap pertama Rp40 miliar,” bebernya.

Untuk tahun 2019, Kementan telah menyiapkan anggaran sebanyak Rp30 Miliar untuk pembelian mobiler, perlengkapan kantor, multimedia, dan pembangunan fisik. Adapun jumlah bangunan fisik yang akan dibangun ditahun 2019 sebanyak 12 unit, ada pagar, jalan, asrama putri, dan sarana ibadah. “Ruang Kelas tahap pertama ada satu unit tapi dua tingkat. Untuk kedepan ada ruang kelas dua unit, ini
untuk memperlancar proses penyelenggaran pendidikan dan kegiatan pengawalan terhadap program kementerian pertanian,” bebernya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top