Ritual Adat, Pengusaha Batubara Ini Potong Seekor Kerbau Seharga Rp11 Juta – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ritual Adat, Pengusaha Batubara Ini Potong Seekor Kerbau Seharga Rp11 Juta

PENULIS: ROSDIANA SULJA

WATAMPONE, RB–Seorang pengusaha batubara dari Desa Ujung Lamuru Kecamatan Lapri, Amir yang menjadi anggota Komunitas Pabbaju Ridie rela mengorbankan uang sebesar Rp11 juta untuk kegiatan ritual adat tahunan.

Uang dari hasil usahanya tersebut digunakan untuk membeli seekor kerbau yang dikurbankan dalam proses adat Mattuana Ade Pattaungeng yang digelar di Bola Soba Jl Latenritatta Kelurahan Manurunge Kecamatan Tanete Riattang, Rabu 1 Februari kemarin.

“Setiap tahun kami lakukan ritual seperti ini dan saya kurbankan seekor kerbau yang saya beli seharga Rp11 juta untuk kegiatan kami,” tuturnya.

Sementara Ketua Komunitas Pabbaju Ridie, A Besse Aminah Petta Mabbaju Ridie Datu Tungke’na Lino mengatakan ritual tersebut digelar sebagai proses memanjatkan doa kepada Sang Pencipta.

“Sudah 30 tahun kami gelar ritual seperti ini setiap tahunnya dan anggota komunitas kami bukan hanya dari kecamatan di Bone tapi juga dari daerah lain,” katanya.

20170201_114525

Puncak ritual dilakukan di bagian dalam Bola Soba dengan membakar kemenyan diiringi tarian lengkap dengan sajian berbagai penganan seperti nasi ketan warna-warni, daging kerbau yang telah diracik serta beberapa makanan lainnya.

To Top