Rivai Ras Siap Kembalikan Kejayaan Maritim Sulsel – Radar Bone

Radar Bone

Berita Utama

Rivai Ras Siap Kembalikan Kejayaan Maritim Sulsel

JAKARTA, RB–Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Forum Doktor Ilmu Politik dari Universitas Indonesia (UI), di istana negara, Senin 28 Maret kemarin. Sebanyak 15 doktor ilmu politik UI yang diterima Jokowi di Istana Merdeka, salah satunya adalah Kolonel Dr Ir H Abdul Rivai Ras yang juga merupakan kandidat Gubernur Sulsel 2018 mendatang. Ke-15 doktor ilmu politik UI, datang ke Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, sekira pukul 09.00 WIB. Sesaat kemudian, mereka langsung masuk ke Istana Merdeka dan diterima presiden.
Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi, didampingi Mensesneg Pratikno dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, menemui para doktor ilmu politik UI. Mereka kemudian berbincang di salah satu ruangan yang berada di tengah Istana Merdeka. Pertemuan antara Presiden Jokowi dan doktor ilmu politik UI digelar secara tertutup.
Adapun ke-15 pengurus Forum Doktor Ilmu Politik UI yang ditemui Presiden Jokowi diantaranya Dr. Fred Ndolu (Ketua FDIP-UI), Dr. Connie Rahakundini Bakrie (Sekretaris Jenderal FDIP-UI), Dr. Donny Tjahja Rimbawan (Sekretaris FDIP-UI), Dr. Meita Istianda, M.Si (Bendahara FDIP-UI), dan Kolonel Laut Dr. Abdul Rivai Ras (Anggota FDIP-UI).
“Kami telah bertemu presiden. Ada banyak hal yang dibahas. Tetapi, belum bisa kami sampaikan ke publik karena pertemuan secara tertutup,” ujar Abdul Rivai Ras.
Rivai mengaku menyampaikan kepada presiden, niatnya maju untuk memimpin Sulsel dan mendorong poros maritim dari Sulsel untuk Indonesia. Pakar pertahanan dan maritim itu pun mendapat dukungan penuh dari orang nomor satu di Indonesia tersebut.
“Alhamdulillah, presiden sangat mendukung konsep saya dalam mendorong poros maritim Indonesia dari Sulsel. Saya makin bersemangat untuk mengembalikan kejayaan maritim di tanah kelahiranku ini,” papar alumni Pondok Pesantren IMMIM Putra Modern itu.
Abdul Rivai Ras, mengaku telah melakukan berbagai persiapan untuk maju di Pilgub Sulsel dua tahun mendatang. Salah satunya dengan membentuk relawan di seluruh kabupaten di Sulsel dan membangun rumah cerdas for Sulsel.
Abdul Rivai Ras yang memiliki latar belakang dan disipilin ilmu di bidang maritim dan kelautan ini, sekaligus sebagai pendiri universitas pertahanan mengaku visinya untuk melanjutkan pembangunan khususnya menjadikan Sulsel sebagai pintu gerbang maritim di kawasan Indonesia Timur, realistis diwujudkan.
“Sulsel ini cukup relalisitis dijadikan sebagai pilot project program poros maritim dunia, Sulsel punya sejarah kemaritiman yang mesti dibangkitkan kembali. Ini penting untuk memaksimalkan segala potensi ekonomi maritim yang bermuara kepada kesejahteraan rakyat,” ujar pria kelahiran Bone ini.
Abdul Rivai Ras mengaku, tidak asal mempersiapkan diri maju di Pilgub Sulsel. pengalamannya yang selama ini banyak berkecimpung di pemerintah pusat, menjadi modal kuat dirinya untuk membangun investasi politik di Sulsel. “Saya punya hubungan baik dengan sejumlah elit parpol di pusat dan punya pengalaman mendampingi pak SBY saat pemerintahannya lalu dan juga memberikan sumbangsih pemikiran kepada pak Jokowi saat menggagas Indonesia sebagai poros maritim dunia,” ujarnya.
Terkait dengan peluangnya diusung parpol, Abdul Rivai Ras mengaku sudah ada beberapa pimpinan partai politik yang ditemuinya dan mengapresiasi positif keinginannya maju dalam kontestasti politik tersebut, yakni partai Demokrat, PKS, Gerindra, dan PAN.
“Ke empat partai politik tersebut menyambut baik, namun untuk sementara saya masih melakukan sosialisasi,” terangnya.
Pria kelahiran Bone ini, mengaku siap untuk menanggalkan jabatannya di Angkatan Laut jika kelak terpilih sebagai Gubernur.

askarsyam/usmansommeng

To Top