Rp153 M Dana Desa Mengalir Ke Kas Daerah – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Rp153 M Dana Desa Mengalir Ke Kas Daerah

Sosialisasi tentang transfer dana desa di Kantor Perbendaharaan Belanja Negara (KPPN) Watampone, Selasa, 16 Mei lalu.

PENULIS : ROSDIANA SULJA

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Dana Desa 2017 Kabupaten Bone untuk tahap pertama yang sempat tersendat akhirnya cair. Dana desa ini masuk ke kas daerah sejak, Rabu, 31 Mei lalu. Dana desa yang masuk ke kasda adalah dana desa tahap pertama sebesar Rp153.307.026.600 atau realisasi 60% dari total dana desa.

Diketahui, pencairan dana desa tahun ini dilakukan dua tahap. Tahap pertama sebesar 60% dan tahap kedua 40%.
Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bone, H Najamuddin yang dikonfirmasi mengenai hal itu di ruang kerjanya, Selasa 6 Juni lalu membenarkan jika dana desa tahap pertama telah cair.

“Dana desa tahap pertama sebesar Rp153.307.026.600 sudah masuk ke kas daerah sejak akhir Mei lalu,” ungkapnya.
Diakui Najamuddin sudah banyak desa yang telah melakukan pencairan tahap pertama tersebut. “Sudah ada sekira 267 desa yang telah melengkapi dokumennya, telah mencairkan dana desa tahap pertama untuk membiayai program yang telah disusun sesuai APBDes dan RKPDes,” tambahnya.

Lanjut Najamuddin, dalam pencairan dana desa, pihaknya hanya bertugas memproses pencairan bagi desa yang memenuhi syarat. “Untuk verifikasi dokumen ditangani Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, kalau dokumennya lengkap, maka kami proses SP3-nya,” jelasnya.

Terkait sisa dana desa 2016 yang mengendap di kas daerah sebesar Rp1.413.481.384, Najamuddin mengatakan bisa dicairkan sekaligus bersamaan dengan dana desa 2017 tahap pertama.

“Jika sisa dana desa 2016 itu dialokasikan untuk kegiatan pembangunan yang belum rampung, maka bisa dilanjutkan setelah mencairkan dananya. Atau untuk mendanai program kegiatan lain yang telah disusun dalam perencanaan 2017 ini,” terangnya.

Dia pun mengimbau agar desa yang belum melengkapi dokumen laporan pertanggungjawabannya agar segera merampungkannya. “Dana desa 2017 tahap pertama harus dicairkan paling lambat pada 24 Juli mendatang, seandainya tidak masuk dalam kas daerah hingga batas waktu itu, maka bisa hangus,” pungkasnya.

*

Click to comment
To Top