Saluran Air di Bone Buruk. Ini Buktinya! – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Saluran Air di Bone Buruk. Ini Buktinya!

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Saluran air yang mampet menjadi penyebab utama genangan air dalam kota. Ironisnya, pemerintah daerah terkesan abai dalam mengatasi hal itu. Salah satu contohnya, saluran air di Jl Veteran, tepatnya di sekitar Tugu Badik. Sekira sepekan, got di kawasan ini tersumbat, sehingga air meluber ke jalan. Namun tak kunjung dibenahi. Pantauan RADAR BONE di lokasi ini pagi kemarin, menemukan kondisinya tak berubah. Got masih dipenuhi hingga tumpah ke jalan.

Salah seorang warga setempat, Sukardi yang ditemui RADAR BONE, Senin, 12 November kemarin, mengatakan saluran air tersebut tersumbat, sehingga jika hujan turun, air meluber ke jalan.
“Kalau hujan pasti naik air karena saluran masih buntu, bahkan sampai saat ini lihat saja masih buntu dan masih ada airnya, “ujar Sukardi sambil menunjuk ke arah saluran dimaksud.
Sukardi berharap, pemerintah daerah segera melakukan perbaikan, sebelum curah hujan tinggi.

“Seharusnya diperbaiki mi cepat, karena jangan sampai hujan deras lagi pasti akan membuat banyak rumah tenggelam, seperti Jl Bajoe (Sekitar Polres Bone) kan kasihan warga,” kata Sukardi.
Saluran air lainnya yang tak kunjung diperbaiki, yakni di Jl Yos Sudarso. Diketahui, di sekitar kawasan Mapolres Bone ini setiap tahun menjadi langganan banjir. Namun hingga memasuk musim hujan tahun, drainase yang tertutup oleh bangunan warga belum diperbaiki.

“Padahal dulu pihak pemda pernah berkata akan memperbaiki semua penyebab genangan air, seperti drainase di Jl Bajoe, dekat Polres Bone. Di sana kan paling parah kalau curah hujan tinggi. Pemda tidak boleh tutupi dengan kondisi ini,” ungkap Afandi, seorang aktivis pemuda.

Menurut Idris, pemda harus peka melihat kondisi saluran air di tengah musim hujan saat ini. “Jangan sampai terjadi banjir, baru kita kasak-kusuk, lebih baik dicegah dari sekarang,” kunci dia.

Wakil Bupati Bone Drs H Ambo Dalle MM mengatakan salah satu program 100 hari kerja Bupati Bone adalah menggenjot kebersihan di wilayah kota Watampone. Selain kebersihan, termasuk perbaikan drainase, jalan rusak menjadi perhatian utama Bupati Bone. “Makanya untuk mewujudkan hal itu, kita telah mengagendakan rapat pertemuan dengan seluruh SKPD agar fokus melakukan pembersihan kota,” tandasnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top