Satpol PP Bone Gencar Penertiban Ternak. Sapi Dikeluhkan Warga, Kambing Ditangkap – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Satpol PP Bone Gencar Penertiban Ternak. Sapi Dikeluhkan Warga, Kambing Ditangkap

RADARBONE.CO.ID–Desakan berbagai kalangan agar ternak liar yang berkeliaran di dalam kota ditertibkan disikapi Satpol PP Bone. Kendati terbilang, lamban namun langkah penegak perda ini patut diacungi jempol.

Mereka rela menggendong ternak kambing ditangkap, Kamis, 23 Agustus kemarin. Dalam operasi ini, sedikitnya 8 ekor kambing yang ditangkap personel Satpol PP dari beberapa titik.

“Dalam operasi ini kami dari Satpol berhasil mengamankan 8 ekor kambing yang berkeliaran di areal Kota Watampone,” kata Andi Baharuddin, Kabid Trantib Satpol PP Bone.

Lanjut dia, penertiban tersebut dilaksanakan sesuai dengan Perda Kabupaten BoneNomor 1 Tahun 2016 tentang penertiban hewan, pasal 4 huruf (c) yang berbunyi pemilik ternak dilarang melepas ternak sehingga berkeliaran di dalam kota, jalan, dan atau tempat lainnya yang dapat mengganggu keindahan, kebersihan, keselamatan dan atau kelancaran pemakai jalan umum.

“Kami lakukan operasi penertiban ternak di lapangan dengan menerjunkan petugas dengan mengunakan mobil truk,” lanjut Baharuddin. Setelah dilakukan penertiban, kata Baharuddin, hewan ternak yang berhasil ditangkap akan diamankan di penampungan ternak.

“Kami bawa ke penampungan ternak di Tibojong dan selanjutnya dipanggil pemiliknya untuk diberi peringatan agar tidak melakukan hal itu lagi,” lanjutnya

Dalam operasi tersebut Satpol PP mengerahkan 20 personel untuk menangkap ternak kambing yang berkeliaran. Hanya saja, penertiban ternak liar yang dilakukan Satpol PP ini belum menyentuh sumber keresahan warga kota selama ini.

Sejauh ini yang dikeluhkan warga adalah ternak sapi yang berkeliaran di ruas jalan protokol, bahkan hingga ke depan rujab bupati. Kehadiran sapi-sapi di dalam kota ini, selain menggangggu hingga membahayakan keselamatan pengguna jalan, juga membuang kotoran di aspal. Pemandangan jorok pun dengan mudah dijumpai pada malam dan pagi hari.

“Mudah-mudahan penertiban ternak liar ini berlanjut. Karena sesungguhnya yang meresahkan warga adalah sapi yang berkeliaran. Karena sapi berkeliaran dalam kota ini sudah menjadi pemandangan biasa. Sapi berkeliaran dekat rujab bupati sudah sering. Makanya, kita berharap Satpol PP tidak berhenti sampai di sini,” Syamsul Alam el Mahady, seorang aktivis pemuda. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top