Satpol PP Bone Siap Turun – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Satpol PP Bone Siap Turun

Soal Penertiban Alat Peraga Liar

PENULIS : RISNAWATI

RADARBONE.CO.ID-WATAMPONE–Alat peraga liar, seperti spanduk, banner dan baliho bertebaran di beberapa ruas jalan dalam kota. Padahal peraturan daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2016 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat mengatur dengan jelas, bahwa pemasangan alat peraga tanpa izin dikenakan sanksi denda Rp500 ribu.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone, M Zainal N yang dikonfirmasi RADAR BONE, menegaskan sebelum bertindak pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan instansi terkait, dalam hal ini Badan Pendapatan Daerah (Bependa).

“Kami akan mengkroscek dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengetahui baliho yang tidak mengantongi surat izin. Kalau memang ada baliho yang tidak ada izinya, maka kami akan segera cabut. Tapi sekarang kami belum ketahui yang mana sudah mempunyai izin dan yang mana belum. Karena selama ini tidak ada tembusan masuk ke Satpol PP terkait pemasangan baliho atau spanduk yang mengantongi izin,” tegas Zainal, Senin, 3 April lalu.

BACA JUGA  Ciee, Tyas Mirasih Dilamar Kekasih

Zainal berharap agar instansi pemberi izin menembuskan ke pihaknya alat peraga yang mengantongi izin. Dengan demikian, kata Zainal akan memudahkan pihaknya untuk bertindak. Sejatinya alat peraga yang terpasang di sejumlah ruas jalan tersebut memberi kontribusi bagi penerimaan PAD. Bukan sebaliknya cuma menimbulkan kesemrawutan dan merusak pohon karena dipaku.

Larangan pemasangan alat peraga tanpa izin dari instansi terkait tersebut sudah diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2016 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Pada pasal 26 ayat 1 huruf i dalam perda ini, disebutkan memasang atau/atau menempelkan kain bendera, kain bergambar, spanduk dan/atau sejenisnya di sepanjang jalan, rambu-rambu lalu lintas, tiang penerangan jalan, pohon, bangunan fasilitas umum dan/atau fasilitas sosial didenda Rp500 ribu.

Adapun titik pemasangan allat peraga tersebar di Jl MT Haryono, Jl Ahmad Yani, Jl Petta Ponggawae, Jl Besse Kajuara, Jl Masjid, Jl Veteran , Jl Yos Sudarso
dan Jl MH Thamrin.

BACA JUGA  Bhabinkamtibmas Polsek Dua Boccoe Imbau Aktifkan Poskamling
Click to comment
To Top