SBY Jadikan Sinjai Kian Maju – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

SBY Jadikan Sinjai Kian Maju

PENULIS : LUKMAN SARDY

SINJAI, RB–Masyarakat Bumi Panrita Kitta merayakan Hari Jadi Sinjai (HJS) ke 453, Senin 27 Februari 2017.
Berbagai kegiatan digelar menjelang peringatan HJS. Mulai dari pameran pembangunan sampai festival kesenian dan jalan santai di lokasi car free day pada Minggu 26 Februari kemarin. Namun yang paling penting dari itu, keberhasilan yang diraih pemerintahan Kabupaten Sinjai di bawah nakhoda Bupati Sinjai, HM Sabirin Yahya dan Wakil Bupati Sinjai, HA Fajar Yanwar.

Di moment hari jadi Sinjai, bupati memaparkan berbagai keberhasilan yang dicapai. “Di Hari Jadi Sinjai, kita semua berbahagia dan tak henti bersyukur, karena ekonomi daerah, menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Laju pertumbuhan ekonomi tetap berada pada 7,54 persen atau jauh di atas rata rata nasional. PDRB perkapita telah mencapai Rp31,55 juta pada tahun 2015, APBD meningkat tajam dari Rp655 miliar pada tahun 2013 menjadi Rp1,1 triliun di tahun 2016,” ungkap bupati, Minggu 26 Februari kemarin.

Perkembangan ekonomi makro daerah yang cukup baik lanjut bupati, menunjukkan bahwa strategi pembangunan daerah, yang mengutamakan pemerataan pembangunan infrastruktur, yang dapat menunjang petumbuhan ekonomi daerah.
“Termasuk peningkatan pendapatan masyarakat, telah berada pada jalur yang benar,” pungkasnya.

Sabirin turut meminta dukungan seluruh masyarakat, agar proyek senilai Rp220 miliar, dapat dituntaskan pada tahun 2018, dan dapat segera dinikmati oleh warga Kabupaten Sinjai di 6 Kecamatan yakni Sinjai Borong, Sinjai Selatan, Sinjai Tengah, Tellulimpoe, Sinjai Timur dan Sinjai Utara.

“Tekad kita untuk merubah wajah kota Sinjai, kita mulai dengan langkah dan kerja nyata. Master Plan ibukota Sinjai yang akan menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan dan penataan kota telah kita siapkan. Pembangunan Tugu Sinjai Bersatu, yang menjadi penanda kota Sinjai, berhasil kita selesaikan, dan menjadi ikon baru Sinjai saat ini,” pungkasnya.

Di samping pembangunan trotoar jalan, drainase, marka jalan, lampu jalan, penataan dan pembangunan taman, pembangunan taman Mangottong, penataan pasar sentral, serta upaya mewujudkan kota yang bersih dan hijau yang terus diupayakan. “Pembangunan Kota Sinjai akan terus kita lanjutkan. Pada bidang Pertanian Tanaman Pangan, Perkebunan dan Peternakan, kita mencatatkan banyak kemajuan. Produksi dan produktivitas tanaman pangan mengalami peningkatan.
Varietas beras merah asal Sinjai Barat yakni varietas ‘Maddakko’, resmi mendapatkan pengakuan Kementerian Pertanian sebagai hak paten asli Kabupaten Sinjai,” jelasnya.

Disamping itu, bupati memaparkan program unggulan lainnya. Salah satunya AKUSI (Ayam Kampung Unggul Sinjai) dan program asuransi ternak.

“Animo masyarakat untuk beternak AKUSI makin tinggi dan berkembang. Upaya kita untuk mendorong dan memfasilitasi Peternak sapi untuk mengikuti Program Asuransi Ternak Sapi mulai berhasil. Saat ini terdapat 1.854 peternak sapi telah bergabung pada asuransi ternak ini,” tambah Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sinjai, Irwan Suaib.

Bupati Sinjai, HM Sabirin Yahya melanjutkan, pada sektor pendidikan, pemerintah daerah berkomitmen melanjutkan Program Pendidikan Gratis, membangun dan menyiapkan sarana dan prasarana pendidikan, serta memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi dan bantuan Biaya Pendidikan bagi mahasiswa berprestasi.

“Sampai Tahun 2016 sebanyak 486 siswa telah mendapat beasiswa berprestasi senilai total Rp549 juta, dan sebanyak 875 mahasiswa berprestasi telah mendapatkan bantuan biaya pendidikan senilai total Rp2,6 miliar lebih,” tambahnya.
Disamping peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, fasilitas sarana dan prasarana Rumah Sakit dan Puskesmas ditingkatkan. Pada tahun 2016, RSUD Sinjai lanjut Sabirin, telah dilengkapi dengan berbagai alat kesehatan berupa alat penunjang operasi dan alat penunjang pelayanan medis yang lebih mutakhir.

“Kita pun telah merenovasi gedung Poliklinik Rawat Jalan, Gedung Radiologi, Pemulasaran Jenazah dan IPAL,” tandasnya. Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, A Suryanto Asapa menjelaskan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan manajemen puskesmas, seluruh Puskesmas di Sinjai sedang melaksanakan proses akreditasi.
“Pada tahun 2016, Sinjai mencatatkan diri sebagai daerah pertama di Sulawesi Selatan, yang secara keseluruhan Puskesmas telah memiliki IPAL dan Incenerator.

Kemajuan lain di bidang kesehatan adalah, kita berhasil menyelesaikan pembangunan gedung instalasi farmasi yang memenuhi standar kelayakan bidang kefarmasian,” jelas mantan Dirut RSUD Sinjai itu.

To Top