Segini Anggaran Untuk Pengadaan Jas dan Pin Emas Wakil Rakyat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Segini Anggaran Untuk Pengadaan Jas dan Pin Emas Wakil Rakyat

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE— Wakil rakyat terpilih bakal dimanjakan berbagai fasilitas. Untuk Pakaian Seragam Lengkap (PSL) dan pin emas saja, pemerintah daerah melalui Sekretariat DPRD Kabupaten Bone, menggelontorkan dana mencapai Rp289.125.000. Pakaian Seragam Lengkap atau PSL dan pin emas Anggota DPRD Bone periode 2019 – 2024 sudah masuk dalam proses lelang Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemkab Bone.
Sekretaris DPRD, Drs Muh Ridwan MSi melalui Kepala Sub Bagian Rumah Tangga DPRD Kabupaten Bone, Andi Jamal mengatakan, PSL untuk setiap anggota DPRD Bone, dianggarkan Rp2 juta. Jika ditotalkan untuk 45 Anggota DPRD Bone, pengadaan pakaian seragam lengkap mencapai Rp90 juta. Sementara untuk pin emas, setiap Anggota DPRD Bone, dianggarkan Rp4.425.000.

Jika ditotal 45 anggota DPRD, pengadaan pin emas, menyerap anggaran mencapai Rp199.125.000. Jika merujuk harga emas di pasaran sebesar Rp633.506 per gram, maka bisa dipastikan, setiap anggota DPRD akan mendapatkan emas 7 gram. “Pengadaannya melalui sistem lelang, karena anggarannya diatas Rp200 jutam,” ujar Andi Jamal kepada RADAR BONE kemarin.

Kepala bidang anggaran Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bone, A Hasanuddin menambahkan, kebutuhan Anggota DPRD Bone yang baru, sebagian akan ditalangi melalui APBD Perubahan.
Ia menyebutkan, Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan mulai digodok tim anggaran Pemkab Bone.
Andi Daddi sapaan akrabnya menuturkan, nota KUA-PPAS APBD Perubahan sudah harus masuk ke DPRD Bone Juli bulan ini.

“Kita targetkan draf KUA-PPAS APBD-P sudah masuk ke DPRD Bone pada minggu kedua Juli,” ungkapnya kepada RADAR BONE, Kamis 4 Juli kemarin.
Ia menyebutkan, KUA-PPAS APBD Perubahan disusun mengacu dua indikator utama. Pertama kata dia, Perda Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018 dan kedua, laporan semester.

Soal besaran anggaran di APBD Perubahan, tim anggaran Pemkab Bone kata dia belum bisa merinci. “Tambahan anggarannya kemungkinan tidak terlalu besar. Sementara kita lakukan penyesuaian. Termasuk jika ada dana dari APBN yang masuk, itu semua yang disesuaikan,” tukas Andi Daddi sapaan akrabnya.

Meski begitu, kebutuhan Anggota DPRD yang baru terpilih lanjut dia, sudah dianggarkan di APBD perubahan. “Misalnya jas, pin emas dan pelantikannya itu semua dianggarkan di APBD Perubahan,” jelasnya. Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Bone, H Kaharuddin menegaskan salah satu agenda kerja yang diputuskan melalui Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Bone, yakni pembahasan KUA-PPAS APBD Perubahan.
“Setelah itu (KUA-PPPAS rampung), baru melangkah ke pembahasan rancangan APBD Perubahan,” kuncinya.

Sementara untuk Kabupaten Soppeng, anggaran yang disiapkan untuk legislator baru tergolong besar. Sekretaris DPRD Kabupaten Soppeng Hj Andi Darmi SE didampingi Kabag Umum H Andi Heril Dolly Harta Sanjaya SE menyebutkan, meski belum ada jadwal pelantikan, namun Sekretariat DPRD sudah mulai mempersiapkan keperluan legislator baru. Khususnya Pakaian Seragam Lengkap (PSL) dan pin emas. Total anggaran yang disiapkan Sekretariat DPRD Soppeng kata Andi Heril, mencapai Rp555 juta.

Ia menyebutkan alokasi anggaran pakaian Dinas Anggota DPRD pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Belanja Langsung APBD TA 2019 sebesar Rp555.750.000 untuk lima item termasuk kelengkapan pakaian dinas berupa Pin Emas 10 gram.

“Untuk Pin Emas Lambang Daerah 10 gram sebagai kelengkapan pakaian Dinas bagi 30 anggota DPRD dianggarkan masing masing Rp7,5 juta atau Rp225.000.000. Untuk pengadaan pin emas ini karena diatas Rp200 juta sudah dilakukan pelelangan”, jelas Bau Dolly menambahkan.

Jika Bone, Wajo dan Soppeng sudah menganggarkan pin emas dan PSL untuk legislator baru, Sinjai hingga kini belum menetapkan pagu anggarannya. “Anggaran pengadaan jas dan pin emas untuk legislator baru, sementara dihitung karena adanya perubahan harga emas,” ujar Sekwan DPRD Sinjai, Lukman Mannan.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top