Segini Jumlah Janda di Bone di 2017 – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Segini Jumlah Janda di Bone di 2017

PENULIS ADRY

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Angka perceraian tahun ini mengalami peningkatan. Perceraian yang didominasi gugat cerai ini dipicu oleh perselisihan yang berkepanjangan.
Berdasarkan data yang diperoleh di Pengadilan Agama Kelas 1B Kabupaten Bone, selama periode Januari-November 2017 tercatat 1.239 perkara cerai yang masuk.

Perkara cerai tertinggi terjadi di bulan November, yakni sebanyak 125 kasus. Kemudian hingga pekan kedua Desember ini, sudah 49 kasus yang masuk dan dispensasi lima kasus.

“Dilihat dari jumlah kasus perceraian yang telah masuk memang mengalami peningkatan,” ungkap Drs Jamaluddin, Panitra Muda Hukum Pengadilan Agama Watampone kepada RADAR BONE, Senin, 11 Desember lalu.

Diakui Jamaluddin, pada 2016, kasus perceraian yang masuk ke Pengadilan Agama sebanyak 1.136 perkara, atau terdapat selisih 103 kasus dari angka perceraian yang ditangani Pengadilan Agama tahun ini.

Angka perceraian di Bumi Arung Palakka masih bisa bertambah, mengingat data yang tercatat baru sampai November. Kasus perceraian didominasi cerai gugat alias istri yang minta cerai.
Penyebab perceraian, kata Jamaluddin bermacam-macam. Mulai dari tidak adanya keharmonisan dalam rumah tangga, ditinggalkan salah satu pihak, faktor ekonomi, hingga faktor perselisihan terus menerus.

“Dari kasus perceraian yang kami sudah selesaikan diakibatkan perselisihan secara terus menerus, ini sebagian besar penyebabnya seperti itu,” jelas Jamaluddin. Adapun usia pasangan bercerai rata-rata berumur 20-40 tahun.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top