Sejumlah Kasus Tak Tuntas, GPMI Adukan Kejari Bone ke Kejati – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Sejumlah Kasus Tak Tuntas, GPMI Adukan Kejari Bone ke Kejati

RADARBONE.CO.ID–Penanganan kasus hukum di lembaga kejaksaan (Kejari Bone) menuai sorotan.

Gerakan Pemuda Mahasiswa Indonesia (GPMI) melakukan aksi unjuk rasa di Kejati Sulselbar, mengadukan penanganan kasus hukum di Kejari Bone yang dinilai lamban.

Salah satu yang mereka adukan, yakni kasus dugaan pemalsuan tanda tangan pengurusan sertifikat Prona, yang menjerat Sekdes Nagauleng Kecamatan Cenrana.

Berdasarakan dengan petunjuk (P-19) yang terdahulu Nomor: B-21/R.4.12.3/EPP.1/11/2018 tanggal 11 November 2018 yang kemudian ditindaklanjuti oleh penyidik dengan mengirimkan kembali berkas perkara dengan surat No.C.1/71.a/XI/Res.1.11/2018 tanggal 21 November 2018 perihal sebagaimana tersebut diatas.

Namun hingga saat ini,  berkas kasus tersebut tak kunjung P21.

Koordinator aksi,  Kamrin mengaku, pihaknya menyorot kinerja Kejari Bone soal hasil penelitian terhadap berkas perkara, yang diklaim berdasarkan pemenuhan petunjuk yang dilakukan oleh penyidik, belum ditemukan adanya opzet atau kesengajaan dalam bentuk willens end weten (mengetahui dan menghendaki) yang meliputi perbuatan pelaku, dan akibat perbuatan pemalsuan yang dapat menimbulkan kerugian dari penggunaan surat tersebut sebagai cerminan adanya niat jahat yang meliputi perbuatan tersangka untuk dapat dimintai pertanggung jawaban pidanam

“Kami mengecam keras tindakan tersebut dan meminta kepala kejati untuk segera (p-21)kan ini kasus. Apalagi ada hasil gelar perkara yang harusnya menjadi penguatan untuk kasus ini P21,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, jika aksi unjuk rasa tersebut, merupakan pra kondisi  sebagai bentuk penegakkan supremasi hukum.

“Kami akan turun kembali dengan jumlah massa yang lebih besar lagi jika tuntunan kami tidak secepatnya di indahkan,” tegas Kambrin.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulselbar, Salahuddin yang menerima aspirasi aspirasi dari GPMI menegaskan akan segera menindaklanjuti dan akan melakukan gelar perkara secepatnya.

Ia juga sangat mengapreasi gerakan GPMI yang senantiasa mengawal dan mengusut tentang segala dugaan ketimpangan hukum yang ada.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top