Sekjen Dekopin : Cagub Sulsel Harus Punya Komitmen Bangun Ekonomi Kerakyatan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Sekjen Dekopin : Cagub Sulsel Harus Punya Komitmen Bangun Ekonomi Kerakyatan

RADARBONE.CO.Makassar — Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Neddy Rafinaldy, membeberkan kriteria ideal calon kepala daerah. Kata dia, calon gubernur maupun calon wali kota/bupati harus memiliki komitmen membangun ekonomi kerakyatan. Toh, ekonomi kerakyatan melalui koperasi merupakan gerakan anti-kesenjangan.

“Mau itu calon gubernur, calon wali kota/bupati, bahkan calon presiden yang didambakan adalah yang punya komitmen dan berani berbuat untuk rakyat. Harus bisa majukan ekonomi kerakyatan,” ujar Neddy, di sela silaturahmi dan dialog dengan relawan koperasi di Hotel Aswin, Kota Makassar, Minggu (8/4) malam.

Gagasan terbaik untuk membangun daerah melalui gerakan koperasi. Toh, dengan koperasi maka rakyat akan benar-benar memiliki alias terlibat aktif dalam pembangunan. Untuk memastikan semua itu berjalan baik, kata Neddy, dibutuhkan sosok pemimpin yang mengerti dan menguasai gerakan ekonomi kerakyatan

Khusus di Sulsel, Neddy menjagokan Nurdin Halid (NH), tokoh koperasi nasional yang rela ‘turun kasta’ untuk membangun kampung halamannya. Neddy yang berkawan dengan NH sejak 1980 mengakui mantan Ketua PSSI itu merupakan sosok inovatif yang sangat menguasai konsep dan praktik ekonomi kerakyatan. Tidak diragukannya Sulsel akan menjadi daerah yang lebih baik bersama NH.

“NH itu orangnya sangat inovatif dalam menggerakan ekonomi kerakyatan, khususnya koperasi. Seluruh koperasi maupun organisasi koperasi yang dipegangnya pasti tumbuh dan besar. Itu dibuktikan saat masih memimpin KUD, Puskud, Inkud, hingga kini Dekopin,” tutur Neddy.

Dalam perjalanannya membesarkan koperasi dan menerapkan ekonomi kerakyatan, Neddy menyebut NH tidak pernah tanggung-tanggung. NH rela pasang badan alias berkorban demi pengembangan koperasi. “Kalau bicara ekonomi kerakyatan, khususnya koperasi, NH paling komitmen. Sangat luar biasa malah kecintaannya. NH itu rela dan telah banyak berkorban, beliau berdiri paling depan untuk bangun koperasi, bangun ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Komitmen membangun koperasi dan ekonomi kerakyatan memang sangat terlihat pada gagasan dan program NH bersama Aziz Qahhar Mudzakkar dalam mewujudkan Sulsel Baru. Begitu banyak inovasi yang muaranya untuk kesejahteraan rakyat, seperti kredit kesejahteraan tanpa bunga dan agunan serta pembangunan koperasi dan BUMDes di tiap desa.

Dukung NH, Bendahara Dekopin: Pilih Pemimpin yang Mau Mensejahterakan Rakyat

Bendahara Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Dina Latifah mengapresiasi langkah Nurdin Halid untuk maju pada bursa Pilgub Sulsel. Dina mengungkapkan, sosok seperti NH merupakan pilihan pemimpin ideal.

Sejak perkenalannya di dunia koperasi, Dina sudah memahami karakter NH. Bagi dia, NH selalu menunjukkan komitmennya dalam pengembangan ekonomi kerakyatan.

“Sangat jelas sepak terjang dan keberpihakannya kepada ekonomi kerakyatan itu luar biasa. Apapun dilakukan untuk memajukan gerakan koperasi di Indonesia,” tuturnya.

Karena itu, imbuh dia, Sulsel perlu menyambut positif dengan memilih NH sebagai gubernur selanjutnya. Sehingga, kesejahteraan dapat terjamin dengan kebijakan yang pro rakyat.

“Secara logika kita harus mendukung pemimpin yang berpihak pada rakyat dan mensejahterakan rakyatnya. Itulah kita harus dukung Pak NH,” ujarnya.

Dina juga menambahkan, keberpihakan NH terhadap ekonomi kerakyatan tampak dari pemikiran dalam pengembangan koperasi. Ia mengapresiasi, gagasan NH untuk menjadikan koperasi sebagai salah satu pilar negara. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top