Sekolah Diwajibkan Gelar Pesantren Kilat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Sekolah Diwajibkan Gelar Pesantren Kilat

Suasana belajar di salah satu SMA. Seluruh siswa diliburkan selama ramadhan. Kegiatan siswa hanya diisi pesantren kilat selam

PENULIS : AGUSTAPA

WATAMPONE, RB—Memasuki bulan suci ramadhan yang jatuh pada, Senin 6 Juni hari ini. Seluruh siswa mulai dari tingkat SD hingga SMA diliburkan. Libur bermulai berlaku sepekan di awal puasa. Kemudian dilanjutkan pada dua pekan menjelang lebaran. Selanjutnya, waktu sepekan lainnya diisi dengan kegiatan pesantren kilat.
Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Drs Nursalam, MPd yang dikonfirmasi RADAR BONE, Minggu, 5 Juni kemarin mengatakan memasuki awal puasa semua siswa diliburkan selama sepekan. Siswa kembali masuk sekolah, kata Nursalam pada tanggal 13 Juni nanti.
“Pada Senin, 13-18 Juni 2016 proses belajar mengajar di sekolah diisi dengan pembinaan keagamaan atau biasa kita kenal dengan kegiatan pesantren kilat,” ungkap Nursalam.
Setelah kegiatan pesantren kilat dilaksanakan selama sepekan, kata dia, barulah, siswa diliburkan sampai lebaran. “Libur panjang ini berakhir satu minggu pasca lebaran,” paparnya.
Sedangkan untuk guru PNS, kata Nursalam tetap libur diawal puasa, namun hanya berlangsung tiga hari saja. Pada tanggal 9 Juni nanti, kata Nursalam semua guru kembali masuk ke sekolah untuk melakukan pengolahan nilai siswa.
“Setelah pengolahan nilai selesai yang berlangsung selama tiga hari, dilanjutkan dengan pembinaan kegiatan pesantren selama sepekan,” ungkapnya.
Mengingat ada libur panjang menjelang hari raya nantinya, maka guru juga tidak masuk sekolah. Akan tetapi waktu libur itu harus dimanfaatkan guru dalam menyusun rencana pembelajaran di sekolah.
“Jadi kami tekankan pada saat libur panjang guru diharapkan sudah menyiapkan bahan ajarnya, sehingga pada saat masuk sekolah siswa langsung belajar di sekolah,” terangnya.

*ASKARSYAM

To Top