Sekolah Membangkang, Disdik Lepas Tangan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Sekolah Membangkang, Disdik Lepas Tangan

ilustrasi

Terkait Larangan Wisata Keluar Daerah

PENULIS : AGUSTAPA

WATAMPONE, RB—Larangan wisata keluar daerah yang dikeluarkan Dinas Pendidikan seolah dianggap angin lalu oleh pihak sekolah. Buktinya, beberapa sekolah tetap nekat meng-agendakan rekreasi bersama keluar daerah.
Menanggapi pembangkangan pihak sekolah tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, Sekretaris Disdik Drs. Nursalam, MPd lara-ngan yang dikeluarkan pihaknya tersebut hanya semata-mata untuk melindungi siswa. Lanjut Nursalam, disdik tak ingin kejadian yang menimpa siswa SDI 6/75 Walenreng Kecamatan Cina terulang kembali.
Karenanya, jika pihak sekolah tetap ngotot membawa siswanya keluar daerah untuk berwisata, maka Dinas Pendidikan tidak bertanggungjawab jika ada persoalan ditimbulkan nantinya.
“Kalau ada sekolah yang membangkang dan tetap ngotot untuk melaksanakan rekreasi di luar kabupaten, maka itu di luar tanggungjawab Dinas Pendidikan Kabupaten,” ungkapnya.
Nursalam mengakui, banyak kepala sekolah yang datang kepadanya untuk meminta izin melaksanakan rekreasi di luar Kabupaten Bone, namun sampai sejauh ini Dinas Pendidikan Kabupaten Bone tidak memberikan rekomendasi. “Jadi kalau ada kepala sekolah yang tetap ngotot, maka apapun yang terjadi nantinya, di luar tanggungjawab Dinas Pendidikan Kabupaten Bone,” tegas dia.
Diketahui, rombongan wisata SD Inpres 6/75 Walenreng Kecamatan Cina mengalami kecelakaan maut dalam perjalanan ke Tanjung Bira, Bulukumba. Bus yang ditumpangi terbalik di Poros Sinjai-Bulukumba, tepatnya di Dusun Toba, Desa Bua, Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai, Minggu 22 Mei sekira pukul 09.30 Wita. Dalam pe-ristiwa itu, bujang sekolah tewas di TKP karena tertindis mobil. Sementara kepala sekolah dan sejumlah murid terluka.

To Top