Sembilan Rumah di Bone Ludes Terbakar – Radar Bone

benner-bupati-sinjai1
Berita Terkini

Sembilan Rumah di Bone Ludes Terbakar

img-20161026-wa0003
Warga Desa Walimpong Kecamatan Bengo tumpah ruah menyaksikan kebakaran hebat yang terjadi, Rabu 26 Oktober kemarin.

Kebakaran Hebat di Bengo

PENULIS : ARDI BIN WARIS

BENGO, RB—Kebakaran hebat kembali terjadi. Kali ini, sembilan rumah di Dusun Palakka, Desa Walimpong, Kecamatan Bengo ludes di lalap si jago merah, Rabu 26 Oktober kemarin sekira pukul 14.30 Wita
Kepala Desa Walimpong, Taufik L yang dihubungi RADAR BONE mengungkapkan, api bermula dari rumah pasangan Sahabuddin dan Indotang. Api muncul pertama kali dari bagian belakang rumah tukang masak hajatan pesta tersebut. “Saat kejadian, pemilik rumah Indotang tidak ada di rumah. Dia pergi memasak di rumah salah satu warga. Jadi, rumahnya terkunci,” kata Taufik.

Adapun suami Indotang, yakni Sahabuddin sedang berkunjung ke rumah anaknya di Desa Turu Adae Kecamatan Ponre. Karena rumah dalam keadaan kosong dan terkunci, sehingga warga sulit melakukan pemadaman api . “Sejak pagi dia tinggalkan rumah dan terkunci, sehingga warga sulit masuk ke rumah memadamkan api,” tutur Taufik.

BACA JUGA  Bone Terima Hibah 100 Unit Instalasi Biogas

Armada pemadam kebakaran dari posko Lapri dan Kahu yang terjun di TKP, tak mampu meredam api yang sudah menjalar dan melalap sembilan rumah.  Mengenai kerugian materi dari kebakaran ini, kata Taufik diperkirakan hampir Rp1 miliar. “Kalau kerugian materi itu kira-kira hampir Rp1 miliar, karena gabah milik korban tak ada yang bisa diselamatkan. Dan rata-rata pemilik rumah belum ada yang menjual gabahnya,” beber Taufik.

elain gabah, lanjut Taufik, warga juga kehilangan sejumlah peralatan pertanian yang cukup berharga, seperti hand traktor dan mesin perontok padi. Camat Bengo, A Rahmatullah menambahkan ada empat unit armada mobil pemadam kebakaran yang terjun ke lokasi untuk memadamkan api. “Api dapat dipadamkan sejam kemudian setelah warga dan tim pemadam bahu-membahu memadamkan api itu,” tuturnya Beruntung, kata dia tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

BACA JUGA  Saldo Dana Sertifikasi di Kas Daerah Pemda Bone Capai Rp83 Miliar

Warga Bhayangkara Butuh Tiang Listrik

Sementara itu warga yang bermukim di Jl Bhayangkara dalam digegerkan dengan kejadian korsleting listrik di rumah salah satu warga, Rabu 26 Oktober kemarin sekira 16.30 Wita. Kebakaran nyaris saja terjadi di pemukiman padat penduduk tersebut. Warga pun berhamburan keluar rumah karena peristiwa arus pendek tersebut.

Permukiman di Jl Bhayangkara dalam ini terbilang rawan terjadi korsleting listrik. Maklum, jaringan instalasi listrik cuma sambung menyambung dari rumah satu ke rumah lain, tanpa ada tiang listrik. “Cukup rawan terjadi korsleting di sini, karena kabel cuma nyantol dari rumah ke rumah. Tidak ada tiang listrik,” tutur seorang warga.

Kondisi ini, selain menimbulkan dampak semrawut juga berpotensi menimbulkan kebakaran yang berujung kerugian pada masyarakat. Humas PLN Area Watampone, Said yang berusaha dikonfirmasi terkait hal itu, tak me-respon saat dihubungi ponselnya, malam tadi.

BACA JUGA  Pecah Ban, Ertiga Terbalik Poros Bone-Makassar

*ASKAR SYAM

Click to comment
To Top