Sempugi 2019 Fokus Permainan Rakyat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Sempugi 2019 Fokus Permainan Rakyat

RADARBONE.CO.ID–Festival Serumpun Bugis (SEMPUGI), merupakan pagelaran Seni dan Budaya Bugis yang diprakarsai Dr H Ajiep Padindang. Kurang lebih 20 tahun ini, festival ini kembali digelar di Kabupaten Wajo, mulai 13 hingga 14 Juli kemarin.

Adapun kegiatan inti dari festival itu, yakni permainan rakyat Maggasing, Maccukke, Maddende, Mabbanga dan Mallanca, dilaksanakan dihalaman depan Saoraja La Tanri Bali, Kawasan adat Atakkae, Sengkang, Wajo.

Ketua Panitia pelaksana Andi Mandasini MP mengatakan, khusus pagelaran seni dilangsungkan di dalam rumah adat dengan peserta dari Kabupaten Soppeng, Bone dan Wajo.

“Sengaja kami undang hanya tiga daerah Bugis,” katanya.

Materi yang dipertunjukkan yakni Massurek, Maggaligo, Kelong dan prosesi tradisi Mappanre Temme.

Ketua Yayasan Sulapa Eppae’ Jamal Andi, MSi mengatakan, kegiatan di Wajo itu sekaligus menfokuskan mengunjungi situs Budaya Bugis di Allangkanange’ di Desa Simpurusia, Pammana, Wajo.

Terpisah, Budayawan Bugis dan Anggota DPD RI dari Dapil Sulsel H Ajiep Padindang,  menilai kegiatan ini sangat bermanfaat dan bagian dari gerakan pembelajaran budaya bugis sebagai bagian Budaya Sulsel dan Budaya Indonesia.

“Hampir 20 tahun saya selenggarakan SEMPUGI untuk membangun Budaya Bugis agar tetap eksis, ” ujarnya.

Gerakan Pembelajaran Budaya Bugis ini juga dilakukan dalam bentuk Sekolah Budaya Bugis di daerah-daerah bugis.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top