Senin, Zakat Fitrah Ditetapkan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Senin, Zakat Fitrah Ditetapkan

PENULIS : BAHARUDDIN

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Kementerian Agama Kabupaten Bone menurunkan tim untuk melakukan survei harga beras di pasaran. Survei akan berlangsung selama tiga hari. Hasil survei nantinya akan dijadikan rujukan untuk menentukan besaran zakat fitrah ramadan 1438 H.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone, Drs HM Amin MHi mengatakan takaran perorang untuk pembayaran zakat dalam bentuk beras tidak pernah berubah, yakni 3,5 liter per orang. Namun untuk dalam bentuk uang, harus disesuaikan dengan harga beras yang berlaku di pasaran.

Makanya, untuk mengetahui itu dilakukan survei ke pasar-pasar. ”Makanya kita harus mengikuti perkembangan harga beras. Jika harga beras naik, maka tentu zakat fitrah juga naik, tapi sebaliknya, jika harga beras turun, maka tentu zakat fitrah juga turun. Kemudian penentuan pembayaran zakat tersebut tergantung jenis beras yang dikonsumsi seseorang. Makanya dalam menentukan zakat fitrah harus mensurvei harga beras dan dipertimbangkan. Karena tentu harga beras itu tidak akan sama di kecamatan yang satu dengan kecamatan yang lainnya,” jelas Amin.

Amin menargetkan penetapan besaran zakat fitrah akan dilakukan pada Senin, 12 Juni nanti. Ditambahkan Amin, zakat fitrah merupakan kewajiban bagi umat islam. “Dimana zakat fitrah ini salah satu kewajiban umat islam. Karena zakat itu adalah pembersih diri,” katanya.

*

To Top