Setelah KPU, Giliran Bawaslu Bone Berhentikan Sementara Tiga PPKD – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Setelah KPU, Giliran Bawaslu Bone Berhentikan Sementara Tiga PPKD

RADARBONE.CO.ID–Kehadiran tujuh penyelenggara di acara partai politik di salah satu hotel di Kota Watampone beberapa waktu lalu, berujung sanksi pemberhentian sementara.

KPU dan Bawaslu, menjatuhkan sanksi pemberhentian sementara bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pengawas Kelurahan dan Desa (PPKD). Anggota Bawaslu Bone, M Alwi mengatakan, meski sanksi pemberhentian sementara diberikan, namun pemeriksaan terhadap jajarannya yang hadir di kegiatan partai politik tersebut, tetap berjalan.

Alwi mengakui, pemberhentian sementara yang dijatuhkan kepada tiga PPKD-nya, berdampak pada pengawasan tahapan pemilu diwilayah tugas PPKD tersebut.

“Karena hingga saat ini, kita belum lakukan PAW (Pengganti Antar Waktu). Karena tidak mungkin kita PAW mereka sementara dikemudian hari, hasil pemeriksaan membuktikan mereka tidak bersalah,” ujar Alwi kepada RADAR BONE, Kamis 7 Februari kemarin.

Alwi menyebutkan, ketika hasil pemeriksaan membuktikan mereka (Tiga PPKD) tidak bersalah, maka wajib jabatannya dikembalikan.

“Hari ini kita lakukan pemeriksaan. Begitu ada hasilnya, langsung akan kita laporkan ke DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu),” ujar Alwi.

Senada diungkapkan Anggota KPU Bone, Nasruddin Zaelany. Pemberhentian sementara terhadap tiga PPK-nya dan satu PPS berdampak pada penyelenggaraan tahapan pemilu.

“Otomatis menghambat. Pemeriksaan terus berjalan, jika terbukti bersalah, baru kita lakukan PAW,” ujarnya.
Diberitakan sebelumnya, DKPP memberi wewenang ke masing-masing lembaga tempat bernaung tujuh penyelenggara pemilu tersebut, untuk dilakukan klarifikasi.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top