Setiap Desa Diikuti Maksimal Lima Calon – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Setiap Desa Diikuti Maksimal Lima Calon

PENULIS : ROSDIANA SULJA

WATAMPONE, RB—Panitia Penyelenggara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak hingga saat ini masih melakukan pemeriksaan lembar jawaban bakal calon kepala desa (Balon Kades) berdasarkan tes yang berlangsung selama dua hari, 15-16 November lalu.
Meskipun belum diumumkan tetapi dipastikan sejumlah balon bakal tumbang dan tidak bisa lagi maju pada tahap selanjutnya.
“Pasti ada balon yang tumbang. Tetapi semua harus menerima tahapan ini dengan baik karena figur kades yang terpilih memang harus terbaik,” ungkap Drs HA Fahsar Mahdin Pa-djalangi MSi, Bupati Bone dalam sambutannya saat memantau ke-giatan tes balon kades, pekan lalu.

Apalagi, berdasarkan aturan dalam satu desa hanya lima orang figur calon kades yang bisa bertarung. “Bagi desa yang memiliki lebih dari lima orang balon tentu saja akan ada yang gugur. Karena berdasarkan aturan maksimal calon kades yang bisa ikut bertarung dalam satu desa hanya lima orang,” tegas Dr Andy MSi, Kepala Bagian Pemdes Setda Bone.

Kenyataannya, beberapa desa memiliki enam hingga sepuluh orang kandidat balon. Seperti Desa Buareng Kecamatan Kajuara dengan sepuluh orang balon, Desa Tellongeng Kecamatan Mare diikuti enam balon, juga beberapa desa lainnya.“Penentuannya figur yang lolos ditentukan poin yang diperoleh dari hasil tes,” katanya.

Sekretaris Panitia Pilkades Serentak 2016 ini menambahkan, hingga saat ini tim pemeriksa masih bekerja. “Jumlah balon kades yang ikut tes mencapai 437 orang sehingga membutuhkan waktu. Apalagi harus akurat jadi mesti hati-hati dalam verifikasi,” katanya.
Poin nilai dari masing-masing kades diakumulasi dari hasil tes tertulis, tes wawancara dan juga tes praktek.“Sesuai tahapan, pengumuman hasil ujian calon kades akan akan bertarung dalam Pilkades Serentak 2016 ditetapkan pada Rabu 23 November mendatang,” terang Andi.

Hasil tes nantinya akan diserahkan panitia kabupaten kepada panitia pilkades masing-masing desa penyelenggara. “Hasil tes akan kami serahkan langsung kepada masing-masing panitia pilkades setempat,” tegas Andy.
Diketahui jumlah desa yang menggelar Pilkades Serentak Gelombang II tahun ini sebanyak 141 desa dari 23 kecamatan se Kabupaten Bone.

*ASKAR SYAM

To Top