Siap-siap, Guru Bakal Dilengkapi SK Diknas – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Siap-siap, Guru Bakal Dilengkapi SK Diknas

PENULIS : AGUSTAPA

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Kabar gembira bagi tenaga guru non PNS alias honorer yang ada di Kabupaten Bone. Jika selama ini, mereka hanya dilengkapi dengan SK pengangkatan dari kepala sekolah, maka kedepan bakal dilengkapi dengan SK dari Dinas Pendidikan atas nama pemerintah daerah Kabupaten Bone. 

Hal itu dipastikan, karena dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang selama ini diperuntukkan kepada sekolah bakal masuk dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, sehingga para guru honorer yang akan mendapat insentif dari dana BOS harus dilengkapi dengan surat penugasan dari pemerintah daerah yang di SK-kan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bone.

Kepala Bidang Ketenagaan Disdik Bone Drs. H. Ibrahim Yukkas, ST, M.Si yang dikonfirmasi RADAR BONE, Kamis, 27 Juli 2017 kemarin membenarkan hal tersebut. Kedepan, bukan cuma guru honorer yang bersertifikat pendidikan dan K2 yang akan dilengkapi dengan SK, namun semua guru non PNS yang mengajar di sekolah dan masih aktif mengajar akan dilengkapi dengan SK Diknas atas nama pemerintah daerah. “Makanya kedepan, sebelum mereka di SK-kan kita akan lakukan verifikasi data. Karena jangan sampai ada guru yang di SK-kan justru tidak aktif mengajar,” katanya.

Disisi lain, Sekretaris Disdik Drs. Nursalam, M.Pd baru-baru ini juga mengatakan masuknya dana BOS dalam DPA Diknas juga akan menguntungkan guru yang telah besertifikat pendidik. Karena selama ini, guru honorer tidak bisa menerima tunjangan profesi karena tidak digaji melalui dana APBD kabupaten. “Namun masuknya dana BOS dalam DPA Disdik, maka secara otomatis insentif yang diterima sudah menjadi bagian dari APBD. Mudah-mudahan hal itu juga bisa mengantarkan teman-teman menerima tunjangan sertifikasi,” katanya.

Ketua Ikatan Guru Honorer Indonesia (IGHI) Kab. Bone A. Arpinas, S.Pd mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah terhadap guru non PNS. “Inilah yang kami inginkan selama ini, mudah-mudahan hal ini bisa segera direalisasikan pemerintah daerah,” harapnya.

*

To Top