Siap-siap, Kepsek Over Masa Tugas Segera Diproses – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Siap-siap, Kepsek Over Masa Tugas Segera Diproses

Kepala Sekolah yang over masa tugas saat mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bone. Disdik telah mengajukan nama-nama kepsek kadaluarsa untuk diproses di BKDD.

PENULIS : AG USTAPA

WATAMPONE, RB—Dinas Pendidikan Kabupaten Bone telah mengirim daftar usulan pergantian kepala sekolah ‘kadaluarsa’ atau yang over masa tugasnya ke Badan Kepegawaian Diklat Daerah (BKDD) Kabupaten Bone.
Usulan pergantian tersebut mengacu Pemendiknas Nomor 28 Tahun 2010 yang mengatur masa tugas guru sebagai kepala sekolah.
Pada pasal 10 di Permendiknas itu, disebutkan kepala sekolah diberi satu kali masa tugas selama empat tahun. Masa tugas kepala sekolah sebagaimana dimaksud, dapat diperpanjang satu kali masa tugas, dengan catatan memiliki prestasi kerja minimal baik berdasarkan penilaian kinerja.

Selain itu, guru yang melaksanakan tugas tambahan sebagai kepala sekolah dua kali masa tugas berturut-turut, dapat ditugaskan kembali menjadi kepala sekolah lain yang memiliki nilai akreditasi lebih rendah dari sekolah sebelumnya.
Apabila telah melewati tenggang waktu sekurang-kurangnya satu kali masa tugas atau memiliki prestasi yang istimewa. Prestasi istimewa sebagaimana dimaksud adalah memiliki nilai kerja amat baik dan berprestasi di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, Drs Nursalam MPd mengatakan, tindaklanjuti dari usulan tersebut, pihak dinas pendidikan menyerahkan sepenuhnya ke pemerintah daerah.
“Jadi kami hanya meng-usulkan, mengenai ekskusinya itu tergantung dari pimpinan atau pihak yang berwenang. Apalagi usulan pergantian harus melalui proses,” ungkap-nya kepada RADAR BONE, Selasa 4 Oktober kemarin.

Mengenai jumlah kepala sekolah yang diusul untuk dilakukan pergantian, Nursalam tidak bisa memberikan angka pasti.
“Intinya, kepala sekolah yang over masa tugasnya mulai dari SD, SMP dan SMA telah kami usulkan ke BKDD,” pungkasnya.
Data RADAR BONE menyebutkan, jumlah kepala sekolah yang over masa tugas tahun sebelumnya, mencapai angka 400-an orang. Rinciannya, TK, 178 kepala sekolah, SD, 282 kepala sekolah, SMP, 20 kepala sekolah dan SMA 10 kepala sekolah.

*ASKAR SYAM

To Top