Siap-siap, Satpol PP Dihearing DPRD Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Siap-siap, Satpol PP Dihearing DPRD Bone

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Anggota DPRD Bone mendesak pemerintah daerah segera menertibkan sapi yang berkeliaran dalam kota. Legislator yang tergabung dalam Komisi I akan menghearing Satpol PP jika perda ternak tak ditegakkan.

Wakil rakyat melihat sapi yang berkeliaran dalam kota sudah dalam kondisi memprihatinkan, karena sangat mengganggu ketertiban dan ketentraman umum.

Ketua Komisi I DPRD Bone, HAM Amin Mangunsara menegaskan, penertiban harus dilakukan menyeluruh. “Jangan hanya kambing yang ditertibkan. Tapi ternak sapi yang utama harus dirazia karena ini yang banyak berkeliaran di tempat umum,” ujar Amin.

Amin juga menegaskan, pihaknya akan memanggil Satpol PP, jika belum ada tindakan tegas menertibkan ternak sapi yang berkeliaran.

“Kita akan panggil instansi penegak perdanya, karena ini sudah meresahkan masyarakat,” tegasnya.

Anggota Komisi I lainnya, HA Suaedi menyayangkan perda tidak ditegakkan, padahal sudah menguras tenaga, pikiran dan anggaran dalam pembahasannya.

“Kita sudah susah payah membahas perda ini. Harusnya sapi yang berkeliaran itu ditertibkan. Instansi terkait tidak boleh tutup mata atas persoalan yang terjadi. Ternak bebas berkeliaran dalam kota, sementara regulasi yang mengatur sudah diterbitkan. Ini namanya pembiaran,” pungkasnya.

Sementara Kapolres Bone, AKBP Muhammad Kadarislam Kasim SH SIK MSi menyambut baik permintaan dukungan Pj Bupati agar pihaknya membackup Satpol PP dalam penertiban sapi yang berkeliaran di kota.

Berdasarkan surat edaran yang dilayangkan Satpol PP kepada pemilik ternak, dasar penertiban ternak liar dan hewan peliharaan, yakni Perda Nomor 13 Tahun 2016 tentang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat, Pasal 27 dan Pasal 28. Kemudian berdasarkan Perda Nomor 1 tahun 2016 tentang Penertiban Hewan pada Pasal 4 dan Pasal 5. Jenis ternak dan hewan peliharaan yang dilarang berkeliaran di jalan dan tempat umum, yakni sapi, kerbau, kuda, kambing dan anjing.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top