Sikapi Polemik Pilkades PAW di Walenreng, Komisi I Deadline BPD – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Sikapi Polemik Pilkades PAW di Walenreng, Komisi I Deadline BPD

RADARBONE.CO.ID–Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pengganti antar waktu (PAW) Desa Walenreng Kecamatan Cina yang berakhir ricuh, Selasa 28 Mei kemarin, langsung disikapi Komisi I DPRD Bone dengan menggelar rapat kerja dengan unsur terkait, Rabu 29 Mei kemarin.

Komisi I khusus memanggil Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk memperjelas akar permasalahan dari kericuhan yang terjadi pasca pilkades.

“BPD sebagai pemanggung jawab harus menangani dari pihak keberatan. Kita berikan waktu paling lama dua hari untuk segera bermusyawarah,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPRD Bone, H Saipullah Latif.
Jika tidak mampu diselesaikan dalam jangka waktu itu,  maka kata Saipullah, dapat dilanjutkan ke bupati dengan waktu paling lama tiga hari.

“Dan Bupati dapat membentuk Pansus dalam hal menyelesaikan permasalahan tersebut,” tegasnya.

Rapat yang dipimpin Ketua Komisi I, HAM Amin Mangunsara, selain dihadiri pihak BPD  juga kepala bagian hukum Setdakab Bone, H Anwar, dan unsur terkait.

Sebelumnya, Pilkades yang diikuti dua calon, Purnawan dan Andi Irmayanti Zakaria, dimenangkan oleh Purnawan. Calon nomor urut 1 itu berhasil meraih 46 suara. Sementara Andi Irmayanti meraih 33 suara.

Adapun aturan untuk menentukan DPT adalah Berdasarkan hasil Musyawarah Anggota BPD Desa Walenreng Kecamatan Cina, bahwa yang berhak untuk memilih kepala Desa Antar waktu adalah tokoh tokoh yang berpengaruh dengan jumlah pemilih 93 orang.

Selesai penghitungan suara, di rumah almarhum Kepala Desa Walenreng terjadi keributan oleh pendukung 02 karena merasa di curangi.

Polisi akhirnya diterjunkan untuk menenangkan massa yang kian beringas.

Sebelumnya, Bupati Bone,  HA Fahsar M Padjalangi saat memantau proses pemilihan kepala desa mengimbau agar tetap menjaga keamanan proses penghitungan suara

“Siapapun yang terpilih nantinya tentunya kita harus terima dengan konsisten jangan ada perpecahan antar keluarga. Karena siapapun yang terpilih selaku kepala Desa itulah yang terbaik,” ujar Fahsar.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top