Simak Penekanan Ketua KPU Bone Soal Perekrutan PPK-PPS – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Simak Penekanan Ketua KPU Bone Soal Perekrutan PPK-PPS

PENULIS : RISNAWATI

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE—- Ketua KPUD Bone, Aksi Hamzah menilai penerimaan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) merupakan uji integritas bagi jajarannya. Aksi tak menampik, peluang adanya calon titipan pada PPK dan PPS tetap ada.
Namun demikian, kata Aksi di situlah integritas KPUD Bone diuji.

“Kalau terkait dengan calon titipan, itu sah-sah saja tapi di sinilah membuktikan apakah KPUD punya integritas atau tidak, itulah yang menentukan. Karena tidak bisa dibendung kalau mereka menitip.
Tapi apakah kemudian dalam pengambilan keputusannya sesuai betul dengan titipan atau tidak, tetapi yang pasti inilah ujian integritas KPU terkait persoalan itu,” ungkap Aksi Hamzah saat dikonfirmasi RADAR BONE, Senin, 16 Oktober kemarin.

Diakui Aksi nilai hasil tes calon anggota PPK dan PPS nantinya akan diumumkan. Aksi menegaskan pihaknya akan terbuka dalam rekruitmen ini.

“Kalau persoalan itu, kami punya alat untuk mengukur, diantaranya kita punya tes tertulis.
Pada tes ini kita umumkan nilainya. Kita terbuka untuk publik. Jadi misalnya kalau ada yang mau komplain dengan nilai tertulisnya, yah datang saja ke sini kami bukakan nilai tertulisnya,” bebernya.

Selanjutnya dalam metode tes wawancara, sambung Aksi, pihaknya juga memiliki formulasi tersendiri.
“Nanti di metologi wawancara, kita punya lagi formulasi bahwa seperti ini yang akan kita diujikan, jadi semuanya merata dan kita punya standar nilai. Dan yang keluar nanti itu adalah pengumuman nilai, kami akumulasi nilai wawancara dan juga nilai tertulis, dan otomatis peserta tahu bahwa sekian nilai tertulisnya dan sekian juga nilai wawancaranya,” tegasnya.

Hingga hari kelima pendaftaran, pendaftar yang mengambil formulir terus meningkat. Untuk pendaftaran PPS misalnya, terdapat 603 orang sudah mengambil formulir.

Kemudian pada pendaftaran PPK sebanyak 449 orang. Nantinya akan direkrut 1.116 petugas PPS dengan rincian tiga orang petugas PPS per desa dan kelurahan. Kemudian petugas PPK sebanyak lima orang per kecamatan dari 27 kecamatan yang ada di Bone.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah kalangan meminta KPUD Bone untuk mewaspadai calon titipan dalam rekruitmen anggota PPK dan PPS.

Warning ini disampaikan publik agar PPK dan PPS yang terbentuk benar-benar memiliki integritas sehingga akan menyelenggarakan pilkada secara adil dan bermartabat.
*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top