SMAN 2 Watampone Terapkan Tes Peminatan – Radar Bone

Radar Bone

Pendidikan

SMAN 2 Watampone Terapkan Tes Peminatan

PENULIS: AGUSTAPA
RADARBONE.CO.ID, WATAMPONE–Usai melakukan pendaftaran ulang, calon siswa baru yang dinyatakan lolos seleksi di SMAN 2 Watampone (Smada) kembali mengikuti tes.
Kali ini, tes yang diikuti tidak membuat calon siswa baru tereleminasi, melainkan untuk menentukan jurusan yang akan ditempuhnya selama tiga tahun di SMAN 2 Watampone.
Tes penentuan jurusan yang diadakan oleh SMAN 2 Watampone diberi nama tes peminatan. Tes itu dipandu langsung oleh Drs. Nur Alam, M.Pd guru pembina SMAN 2 Watampone yang tak lain alumni Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.
Drs. Nur Alam, M.Pd kepada RADAR BONE, Selasa, 11 Juli 2017 lalu mengatakan tes peminatan yang diikuti oleh calon siswa baru ada dua jenis yakni non tes dan tes. Non tes dijelaskan Nur Alam terdiri dari foto copy rapor siswa mulai dari semester I sampai ditambah dengan pengisian angket atau serangkaian pertanyaan untuk dijawab peserta didik.
Selanjutnya, assesment tes disini berupa tes psikologi. Adapun jenis tesnya meliputi tes kemampuan umum atau intelejensi. Selai itu, ada juga Tes SPM/CFIT, Tes Sekolah Stik yang terdiri dari kemampuan nomerikal dan Ferbal ditambah dengan tes mekanikal atau kemampuan mekanik, kemampuan relasi ruang dan kemampuan berpikir abstrak.
“Melalui tes ini, kita dapat mendeteksi cara dan menemukan potensi peserta didik untuk ditempatkan sesuai dengan peminatannya, apakah itu jurusan IPA, IPS atau  Bahasa,” jelasnya.
Tes peminatan yang dilakukan kepada calon siswa baru kata Nur Alam bagian dari implementasi kurikulum 2013 (K13).
“SMAN 2 Watampone merupakan salah satu sekolah tingkat menengah atas yang menjadi sasaran penerapan K13. Bagi sekolah yang menerapkan K13, salah satu bentuk implementasinya pada penerimaan siswa baru yakni melaksanakan tes peminatan. Tujuannya adalah supaya siswa dapat diketahui minatnya, apakah IPA, IPS ataukah Bahasa,” katannya.
Disisi lain, Kepala SMAN 4 Watampone Drs. Andi Abd. Gaffar kepada RADAR BONE juga mengagendakan tes penentuan jurusan bagi calon siswa baru.
“Kedepan kita juga agendakan hal itu, namun untuk saat ini kita masih terfokus pada pendaftaran ulang,” katanya. (*)
To Top