Soal Wakil IYL, Pengamat Bilang RMS Terbaik – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Soal Wakil IYL, Pengamat Bilang RMS Terbaik

RADARBONE. CO. ID_MAKASSAR — Bakal calon gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo (IYL) akan menentukan pendampingnya sebagai calon wakil gubernur 2018 mendatang di Jakarta.

Dari sekian banyak bakal calon, pilihan IYL tersisa hanya dua figur, yakni Bupati Sidrap H Rusdi Masse (RMS) dan Bupati Luwu Andi Mudzakkar alias Cakka.

Jika diperhadapkan dengan plus minus dari kedua figur ini untuk meraih kemenangan ke depan, makan idealnya IYL harus memilih RMS.

Alasannya jelas, selain memiliki partai politik yakni NasDem, jaringan infrastruktur RMS lengkap di seluruh kabupaten kota di Sulsel.

Selain itu, RMS di mata publik adalah kepala daerah berprestasi. Dia bupati Sidrap dua periode yang mampu membawa Sidrap berkali kali menempati rangking pertama sebagai kabupaten dengan angka kemiskinan paling rendah di Sulsel.

Sidrap di tangan RMS berhasil menekan angka kemiskinan di periode keduanya dari 9 persen menjadi 5,4 persen. Itu angka kemiskinan paling kecil se Sulsel. Bandingkan dengan Kabupaten Luwu angka kemiskinannya dua digit, 13,89 persen. Angka itu pada 2015 berdasarkan data BPS. Itupun naik lagi di tahun 2016 menjadi 14,35 persen.

Pengamat politik Dr Arief Wicaksono mengatakan, memang kalau melihat statistik keberhasilan ada pada RMS.

“RMS konkret prestasinya. Jaringannya luas. Citranya bagus. Tinggal bagaimana meyakinkan Partai Nasdem atas 02 dari Ichsan,” ujarnya, Rabu 7 Juni 2017 di Makassar.

Sementara itu, Pengamat Politik Universitas Hasanuddin, Dr Ali Armunanto menanggapi paket Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar atau Ichsan Yasin Limpo-Rusdi Masse.

“Keduanya tentu akan mendatangkan keuntungan yang berbeda bagi Ichsan YL. Andi Mudzakkar akan memberikan keuntungan suara untuk wilayah Luwu Raya dan juga membantu memecah suara Aziz Qahar,” katanya.

Hanya saja, tentu sebagai politisi yunior tapi andal, RMS itu memiliki kekuatan politik di Luwu Raya. Ada Walikota Palopo Judas Amir yang merupakan jaringan Nasdem, ada Sukur Bijak yang merupakan tokoh masyarakat dan sahabat RMS.

Di Lutim, Wakil Bupati Lutim Irwan adalah Ketua Nasdem Lutim dan sejak awal selalu vokal menyuarakan RMS harus maju di Pilgub Sulsel.

Click to comment
To Top