Solar Langka di Bone, Operasional Truk Sampah Ikut Tersendat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Solar Langka di Bone, Operasional Truk Sampah Ikut Tersendat

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Akibat solar langka, truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tak bisa optimal beroperasi. Akibatnya, sampah terlihat menumpuk di sejumlah tempat pembuangan sementara, Selasa 5 November kemarin.

Tumpukan sampah terlihat di Jalan Sukawati dan Jalan Andi Mappadeceng. Bau busuk dari sampah cukup mengganggu pengendara yang melintas.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, A Syahrul mengaku, sejak tiga hari terakhir, pihaknya kesulitan mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar. “Ini yang menjadi kendala, sehingga petugas kami tidak bisa optimal bekerja,” ujarnya.

Ironisnya, truk pengangkut sampah terkadang ikut antri di SPBU hingga berjam-jam lamanya. “Ikut antrian panjang, tiba-tiba gilirannya untuk mengisi BBM, solar habis. Terpaksa, truk kami tidak beroperasi. Itu yang membuat sampah menumpuk di sejumlah titik pembuangan sementara,” jelasnya.

Syahrul juga mengkritik proses pengisian BBM yang terkesan mengistimewakan para pengendara yang membawa puluhan jerigen.
“Harusnya perlu ada penelusuran, kenapa BBM ini sulit didapat. Jangan sampai ada yang salahgunakan,” jelasnya.

Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Bone, Khalil Syihab juga mengkritik pihak Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) atas kelangkaan BBM ini.
“SPBU tidak boleh melayani pengusaha yang mengisi BBM subsidi menggunakan jerigen. Karena yang mempunyai rekomendasi hanya pertanian dan perikanan serta umum. Karena faktanya, banyak pengusaha yang membawa puluhan jerigen tanpa ada rekomendasi dari kami, dilayani,” ujarnya. Ia menegaskan, BBM bersubsidi hanya diperuntukkan bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

“SPBU harus meminta rekomendasi jika ada yang mau mengisi BBM bersubsidi menggunakan jerigen. Jangan sampai ada yang mendapat BBM bersubsidi lebih dari kuota 3.000 liter pertahun,” kuncinya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top