Songkok Recca Jokowi Seharga Rp10 Juta Percentimeter – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Songkok Recca Jokowi Seharga Rp10 Juta Percentimeter

RADARBONE.CO.ID_JAKARTA-WATAMPONE–Sidang tahunan MPR tahun ini yang berlangsung, Rabu, 16 Agustus kemarin, menarik perhatian warga Bumi Arung Palakka. Betapa tidak, songkok recca yang dikenakan Presiden Joko Widodo merupakan hasil kerajinan warga Desa Paccing, Kecamatan Awangpone

Pada pembukaan sidang tahunan MPR RI tersebut, Presiden Joko Widodo dan Wapres HM Jusuf Kalla mengenakan busana adat daerah. Hanya saja, pakaian adat yang kenakankan keduanya dibuat tertukar, yakni pakat adat Bugis yang merupakan asal JK dikenakan Jokowi lengkap dengan songkok to Bone-nya. Kemudian JK mengenakan pakaian adat Jawa Tengah, asal daerah Jokowi, yakni Solo. Lengkapnya dengan blangkongnya.
Terkhusus songkok to Bone yang dikenakan Jokowi ternyata merupakan pesanan khusus Gubernur Sulsel, H Syahrul Yasin Limpo.

Songkok tersebut diproduksi di Desa Paccing, Kecamatan Awangpone. Songkok dipesan melalui ajudan SYL sejak tiga Minggu yang lalu.

Hal ini diakui pembuat songkok to Bone yang dikenakan, Hj Ratna Ramli, kepada penulis, Kamis 17 Agustus. “Songkok itu (Dikenakan Jokowi) dipesan melalui ajudan pak gubernur,” tutur Hj Ratna Ramli.

Lebih jauh Ramli mengungkapkan ukuran songkok yang dikenakan orang nomor satu di republik ini adalah 9 cm. Hanya saja, untuk ‘Pamiring Ulaweng’ nya (Pinggiran emasnya) cuma 8 cm. “Tinggi pinggiran emas yang dipesan ajudan gubernur itu songkok, yakni delapan centimeter. Harga percentimeter adalah Rp10 juta. Jadi harga total songkok tersebut Rp80 juta,” beber Ratna bersemangat.

Namun demikian, Ratna enggan membeberkan berat bobot emas yang digunakan pada songkok Jokowi. Ia hanya mengakui, pinggir emas pada songkok yang dikenakan Presiden Joko Widodo pada pembukaan sidang tahunan MPRI-RI berasal dari emas batangan murni.

“Kami tidak berani sebutkan ukuran emasnya, karena siapa tahu ditimbang lalu tidak sesuai ukurannya. Tapi emas yang dibikin itu adalah emas batangan yang sudah dianyam,” terangnya.

Ratna menyatakan bangga songkok hasil produksinya digunakan orang nomor satu di negeri ini. Diakui Ratna, bukan kali ini ia mendapat kepercayaan membuat songkok to Bone untuk kalangan pejabat. “Sudah banyakkalangan pejabat pesan di sini, bahkan dari luar negeri. Pak Habibie waktu masih presiden di sini juga sering memesan. Demikian pula Wapres HM Jusuf Kalla dan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo selalu memesan di sini. Bukan baru kali ini ada pejabat tinggi yang memesan songkok to Bone. Tapi dari dulu memang selalu ada yang pesan,” bebernya.

Ditambahkan Ratna, songkok yang dikenakan pak Jokowi bukan yang termahal. “Songkok yang dibeli untuk pak Jokowi itu masih ada di atasnya. Biasa ada yang pesan di sini yang seharga Rp100 juta,” kunci dia.

(*)

Click to comment
To Top